Laba Sebelum Pajak, Apa Itu Artinya?

Laba Sebelum Pajak, Apa Itu Artinya?

Laba Sebelum Pajak, Apa Itu Artinya

Apa Itu Laba Sebelum Pajak? Laba sebelum pajak atau disebut juga sebagai Profit Before Tax (PBT) adalah ukuran yang melihat keuntungan perusahaan sebelum perusahaan harus membayar pajak penghasilan badan. Ini pada dasarnya adalah semua keuntungan perusahaan tanpa pertimbangan pajak apa pun.

Laba sebelum pajak dapat ditemukan pada laporan laba rugi sebagai laba operasi dikurangi bunga. Laba sebelum pajak adalah nilai yang digunakan untuk menghitung kewajiban pajak perusahaan.

Pengertian Laba Sebelum Pajak

Laba sebelum pajak juga dapat disebut sebagai Earnings Before Interest and Tax (EBIT). Ukuran tersebut menunjukkan semua keuntungan perusahaan sebelum pajak. Penelusuran laporan laba rugi menunjukkan berbagai jenis biaya yang harus dibayar perusahaan sebelum perhitungan laba operasi. Laba kotor dikurangi harga pokok penjualan (HPP). Faktor keuntungan operasional baik dalam COGS dan semua biaya operasional. Laba operasional juga dikenal sebagai laba sebelum bunga dan pajak (EBIT). Setelah EBIT hanya bunga dan pajak yang tersisa untuk dipotong sebelum mencapai laba bersih.

Baca juga:   Training Accurate Pekanbaru Riau

Perhitungan Profit Before Tax

Memahami laporan laba rugi dapat membantu seorang analis untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang PBT, perhitungannya, dan penggunaannya. Bagian ketiga dari laporan laba rugi berfokus pada bunga dan pajak. Pengurangan ini diambil dari penjumlahan bagian kedua, yang menghasilkan laba operasi ( EBIT ). Bunga adalah metrik penting yang mencakup kepentingan perusahaan dari investasi serta bunga yang dibayarkan untuk leverage.

Dasar-dasar menghitung PBT sederhana. Ambil laba operasional dari laporan laba rugi dan kurangi pembayaran bunga, lalu tambahkan bunga yang diperoleh. PBT umumnya merupakan langkah pertama dalam menghitung laba bersih tetapi tidak termasuk pengurangan pajak. Untuk menghitungnya secara terbalik, Anda juga dapat menambahkan pajak kembali ke keuntungan bersih .

Baca juga:   Accurate Tangerang

Seperti disebutkan di atas, berbagai jenis perusahaan akan memiliki kewajiban pajak yang berbeda di tingkat federal dan negara bagian. Menghitung jumlah pajak yang sebenarnya terutang akan berasal dari PBT.

Kegunaan Profit Before Tax

PBT biasanya bukan merupakan indikator kinerja utama pada laporan laba rugi. Ini biasanya difokuskan pada laba kotor, laba operasi, dan laba bersih. Namun, seperti bunga, isolasi pembayaran pajak perusahaan dapat menjadi metrik yang menarik dan penting untuk manajemen efisiensi biaya.

Earnings Before Interest and Tax juga menentukan jumlah pajak yang akan dibayar perusahaan. Setiap kredit akan diambil dari kewajiban pajak daripada dikurangkan dari profit before tax.

Selanjutnya, tidak termasuk pajak memberi manajer dan pemangku kepentingan ukuran lain untuk menganalisis margin. Margin PBT akan lebih tinggi dari margin keuntungan bersih karena belum termasuk pajak. Perbedaan margin PBT vs margin bersih akan tergantung pada jumlah pajak yang dibayarkan.

Baca juga:   Software Akuntansi Indonesia dan Harga Terbaru 2021

Juga, mengecualikan pajak penghasilan mengisolasi satu variabel yang mungkin memiliki dampak besar karena berbagai alasan. Misalnya, C-Corps membayar tarif pajak sebesar 21%. Namun, industri yang berbeda mungkin menerima keringanan pajak tertentu, seringkali dalam bentuk kredit , yang dapat mempengaruhi dampak pajak secara keseluruhan. Energi terbarukan adalah salah satu contohnya. Angin, matahari, dan energi terbarukan lainnya dapat dikenai kredit pajak investasi dan kredit pajak produksi. Jadi, membandingkan PBT perusahaan ketika energi terbarukan terlibat dapat membantu memberikan penilaian profitabilitas yang lebih masuk akal.

Sumber:

Profit before Tax (PBT) Definition (investopedia.com)

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Aditia Novit
Aditia Novit
Ingin banyak belajar dan berbagi ilmu pengetahuan dan tutorial seputar akuntansi dan bisnis untuk Anda.