May 15, 2021
Tips & tricks

Apa itu Pembukuan dan Manfaatnya

apa itu pembukuan

Apa itu Pembukuan dan Manfaatnya

Dalam menyusun laporan keuangan yang benar diperlukan pembukuan yang baik dan benar atas transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Simak pembahasan mengenai Apa itu Pembukuan dan Manfaatnya.

 

Apa itu pembukuan ?

Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara berkala untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi aset, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya, serta total biaya perolehan dan penyerahan. barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi tahun pajak.

Ada beberapa metode pembukuan yang umum, yaitu sistem masukan-tunggal dan berpasangan. Kedua sistem ini dapat dilihat sebagai pembukuan yang nyata. Sistem pembukuan single entry adalah sumber dari pencatatan pembukuan utama seperti buku kas. Ini sama dengan mendaftarkan rekening giro dan menetapkan pendapatan dan pengeluaran ke berbagai rekening pendapatan dan beban.


Dan apa manfaat pembukuan buat bisnis?

Semua bisnis pastinya membutuhkan pembukuan untuk menjalankan bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting akuntansi keuangan untuk kondisi bisnis.


1. Mengetahui besaran untung atau rugi

Hal ini merupakan terpenting dalam menjalankan bisnis. Karena pada dasarnya dalam menjalankan bisnis adalah mencari keuntungan. Jika Anda mengalami kerugian, Anda harus segera mencari solusi agar bisnis Anda tidak mati dan bisa bertahan lama. Dengan mengetahui setiap transaksi yang terjadi setiap hari dan mengetahui aliran uang dan barang yang ada di dalam perusahaan, Anda dapat mengetahui estimasi untung atau rugi yang akan Anda terima.

 

2. Mengetahui Setiap Transaksi

Manfaat pembukuan adalah untuk mengetahui setiap transaksi yang dilakukan dalam suatu bisnis. Tidak ada satu transaksi pun yang boleh dilewatkan atau tidak dicatat. Ini membutuhkan ketelitian untuk membuat catatan keuangan. Pencatatan yang cermat dan rapi sangat berdampak pada keberlangsungan usaha yang dijalankan. Dengan mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada hari itu, maka akan diketahui bagaimana aliran distribusi uang pada hari itu, ke mana uang itu pergi, dan dari mana uang itu diperoleh. 


3. Bahan Penilaian Bisnis

Pembukuan bisnis merupakan pencatatan dari semua aktivitas yang ada di dalam perusahaan. Dari rekaman ini, Anda akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana bisnis telah dijalankan di perusahaan. Apakah itu membawa dampak yang baik, seperti untung atau rugi saja.

 

Jika keuntungan sudah didapat maka akan dicari dan dirumuskan strategi untuk menjaga kelangsungan usaha agar tetap bisa memberikan keuntungan. Apakah Anda akan tetap menggunakan cara dan strategi lama dengan beberapa penyesuaian atau menggunakan metode dan strategi baru.

 

Begitu juga jika ternyata diperoleh informasi bahwa perusahaan hanya menderita kerugian dari bisnis yang telah dijalankannya. Pembukuan ini dapat dijadikan acuan untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang akan diambil untuk menghindari kerugian dan untuk mendapatkan keuntungan.

 

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)

Bandung 0822 1999 7228 (Bara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Manfaat Pembukuan Bagi Usaha Anda
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Produksi Sederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online

Related posts

Tools Instagram Analytics Gratis dan Berbayar

Rizky Royani

Hal Sepele yang Menyebabkan Anda Boros

Rizky Royani

5 Cafe di Jakarta untuk Bekerja

Rizky Royani

Leave a Comment