Apa Itu TPA : Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Apa Itu TPA : Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Apa Itu TPA : Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Apa Itu TPA Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan salah satu bentuk tes psikologi yang banyak digunakan dalam lamaran kerja baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Tak hanya itu, beberapa perguruan tinggi dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga melakukan TPA sebagai bagian dari proses seleksi.

Pasalnya, tes psikologi ini dianggap penting untuk mengamati proses berpikir seseorang. Jika memang penting, bagaimana tips sukses menangani TPA?

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Dalam artikel ini, SAC ingin membahas berbagai aspek TPA secara rinci dan memberikan tips tentang cara melakukannya dengan sukses. Yuk, simak penjelasan selanjutnya!

Apa Itu TPA?

TPA hanyalah singkatan yang kepanjangan dari Tes Potensi Akademik adalah jenis tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang.

Di Indonesia, TPA banyak digunakan dalam proses rekrutmen, tes beasiswa dan ujian masuk universitas. Padahal, seperti dikutip dari situs resmi Bappenas, TPA juga dimaksudkan untuk melihat potensi intelektual yang dianggap sebagai jantung dari kemampuan seseorang untuk berhasil mengejar gelar master atau doktoral.

Tes TPA menilai setidaknya tiga aspek, yaitu verbal, numerik dan figuratif.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif
  1. Kemampuan verbal adalah kemampuan untuk memahami dan berpikir dengan bahasa.
  2. Kemampuan numerik adalah kemampuan untuk memahami dan berpikir menggunakan angka.
  3. Sedangkan kemampuan figuratif adalah kemampuan memahami dan berpikir dengan bantuan gambar.

Meskipun soal-soal pada Tes Potensi Akademik tampak sederhana, banyak orang yang gagal dalam tes ini. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kurang perhatian, kekurangan waktu, dan diakhiri dengan kebingungan dalam menentukan jawaban yang benar.

Oleh karena itu, diperlukan trik khusus untuk menjawab semua soal dengan benar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tes Potensi Akademik menggunakan sistem penilaian. Semakin banyak jawaban yang dapat Anda jawab dengan benar, semakin tinggi skor Anda. Kisaran nilai TPA yang bisa Anda dapatkan adalah 200-800.

Pasalnya, tes TPA merupakan versi Indonesia dari Graduate Diploma Examination (GRE) yang berlaku secara internasional. Jenis pertanyaan dan tujuannya sama.

Jenis Soal Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik adalah tes yang terdiri dari berbagai jenis soal. Setiap jenis memiliki tujuan tersendiri untuk mengukur kecerdasan.

Ada empat jenis utama soal tes TPA, yaitu:

  1. Tes lisan
    Tes verbal berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa. Beberapa bentuk soal tes verbal antara lain sinonim (kata yang mirip), antonim (lawan kata), padanan relasi kata, dan pengelompokan kata.
  2. Tes numerik
    Jenis soal lain dalam tes potensi akademik adalah tes numerik. Sesuai dengan namanya, tes psikologi kerja jenis ini digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Tes ini akan menunjukkan bagaimana Anda berpikir secara struktural dan logis dalam hal matematika. Beberapa bentuk soal tes numerik antara lain aritmatika (berhitung), seri angka, seri huruf, logika numerik, dan angka dalam cerita.
  3. Tes logika
    Tes logika berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menalar dan memecahkan masalah secara logis atau logis. Biasanya, banyak orang menipu diri sendiri dengan pertanyaan seperti itu. Beberapa bentuk soal tes logika antara lain logika umum, analisis pernyataan dan inferensi (silogisme), logika cerita, dan diagram logika.
  4. Tes spasial atau visual
    Jenis soal yang keempat dalam TPA adalah tes spasial atau citra. Tes ini berfungsi untuk mengukur kekuatan logika ruang seseorang.

Beberapa bentuk soal tes ruang atau citra antara lain image relationship matching, image series, image grouping, image shading, dan image identification. Setelah Anda mengetahui potensi Anda, gunakan informasi ini untuk merencanakan karir masa depan Anda.

Dengan membuat rencana karir, Anda akan tahu keterampilan dan pengalaman apa yang Anda perlukan untuk mencapai potensi Anda sehingga Anda dapat memulai karir Anda dengan lancar.

Contoh Soal TPA

Setelah memahami definisinya, sekarang Anda perlu memahami dan mempelajari beberapa contoh Soal Tes Potensi Akademik.

Masing-masing pertanyaan ini dirancang untuk mengukur kemampuan mental subjek. Hasilnya dapat memprediksi apakah seseorang akan berhasil di tingkat pendidikan tinggi atau karir. Padahal, pertanyaan-pertanyaan tersebut juga bisa memprediksi kemungkinan seseorang akan mengalami stres akibat persyaratan pelatihan atau tugas dari sekolah nantinya.

Nah, berikut ini beberapa contoh soal dalam Tes Potensi Akademik tergantung jenis soalnya.

1. Contoh soal tes verbal
Pertama-tama, contoh pertanyaan untuk jenis tes verbal ini. Simak pertanyaan berikut.

Tes Verbal TPA

Temukan kata-kata yang tidak ada dalam kamus di bawah ini!

A. Buku
B. Novel
C. Majalah
D. Cerpen
E. Komik

Berdasarkan pertanyaan di atas, jawabannya adalah D.

Kenapa ini? Hal ini karena cerita pendek merupakan bentuk prosa dan tidak termasuk dalam kosakata lain yang tercantum di atas.

2. Contoh soal tes numerik
Berikut ini adalah contoh soal untuk tes numerik/angka.

Tes Angka TPA

Pertanyaannya adalah: 24, 20, 16, 12, ?

A. 10
B. 6
C. 8
D. 4
D. 2

Nah, berdasarkan pertanyaan di atas, jawabannya adalah C. Karena setiap angka akan dikurangi 4, maka jawaban yang benar adalah 12-4 = 8.

3. Contoh Soal Tes Logika
Contoh soal tes logika dalam Tes Potensi Akademik adalah sebagai berikut.

Tes Logika TPA

Semua olahraga baik untuk kesehatan.
Beberapa orang terlalu malas untuk berolahraga.
Kesimpulannya adalah…

A. Setiap orang yang berolahraga tidak malas.

B. Setiap orang yang badannya sehat selalu berolahraga

C. Orang yang malas berolahraga menjalani gaya hidup yang tidak sehat

D. Ada orang yang tidak terlalu malas untuk berolahraga

Jadi, jawaban terbaik untuk pertanyaan di atas adalah D.

Kenapa ini? Karena diklaim hanya sebagian orang yang malas berolahraga. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa ada orang yang tidak terlalu malas untuk berolahraga.

4. Contoh soal atau gambar tes spasial
Yang terakhir adalah contoh soal tes spasial dalam tes potensi akademik. Mari kita lihat gambar di bawah ini.

Tes Spasial TPA

Melihat pertanyaan di atas, jawaban yang benar adalah D. Anda dapat menemukan jawaban di atas dengan melampirkan setiap gambar dalam sebuah kubus di mana tiga titik berdampingan dengan gambar persegi.

Sumber Referensi:

Tes Potensi Akademik (TPA): Apa Itu, Jenis, Contoh, dan Tips Suksesnya (glints.com)



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Apa Itu TPA : Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Potensi Akademik