X

Freight Forwarding: Pengertian & Pilih Jasa Pengiriman Barang Terbaik


Sarana transportasi yang tepat diperlukan untuk mengirim atau menerima barang. Perusahaan Freight Forwarding (Pengiriman Barang) menawarkan bantuan tersebut untuk kenyamanan pengguna. Yaitu, pelaksanaan tindakan pengiriman, serta pencarian barang berdasarkan tindakan yang dilakukan.

Penyedia layanan ini akan bertindak sebagai operator telekomunikasi. Perusahaan ini akan membantu layanan transportasi. Tentunya menerima atau menyerahkan barang pesanan kepada pihak yang bertindak sebagai penerima.

Mengumpulkan barang atau mengirimkannya membutuhkan hal yang berbeda. Semuanya akan dilakukan perusahaan hingga akhirnya barang resmi dikeluarkan dari pelabuhan. Baru setelah itu barang impor atau ekspor akan dialokasikan ke tempatnya.

Pengertian Jasa Freight Forwarding

Secara sederhana, jasa Freight Forwarding adalah jasa pengangkutan barang dari pelabuhan atau terminal ke importir. Penyedia jasa ini bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan pengangkutan barang-barang tersebut.

Kegiatan ini akan terus dipantau hingga barang akhirnya jatuh ke tangan importir. Setelah diterima, pekerjaan berakhir dan penyedia layanan dapat mengenakan biaya layanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penyedia jasa pengiriman ini terkadang tidak memiliki sarana transportasi untuk menampung barangnya. Namun, perusahaan ini tidak bisa dikatakan buruk. Alasannya agar perusahaan dapat melakukan segala upaya untuk bekerja sama dengan pihak lain untuk kelancaran pekerjaannya.

Singkatnya, perusahaan ini dipahami sebagai perusahaan ekspedisi. Perusahaan akan mencoba berbagai cara penempatan barang di pelabuhan untuk kegiatan ekspor. Demikian juga akan berusaha menerima barang yang telah diimpor oleh importir setibanya di terminal atau pelabuhan.

Jelas, kondisi seperti itu membutuhkan kondisi yang berbeda. Perusahaan yang berpengalaman pasti akan mampu mengatasi berbagai tantangan yang muncul dengan sangat cepat. Dengan pengalamannya selama beberapa tahun, penempatan atau Freight Forwarding akan lebih cepat selesai untuk memberikan rasa aman bagi perusahaan yang menggunakan jasanya.

Cara Kerja Layanan Freight Forwarding

Cara Kerja Layanan Freight Forwarding

Freight Forwarding ke luar negeri tidak bisa langsung dikirim. Ada prosedur yang harus diikuti agar tindakan ini selesai tanpa gangguan. Artinya tidak ada hambatan seperti illegal atau non-compliance.

Forwarder tentunya memiliki skill untuk menangani masalah yang berkaitan dengan pengiriman/penerimaan barang. Kerja sama akan dilakukan dengan agen transportasi yang berada di kedua negara, yang merupakan lokasi para pihak yang terlibat dalam kegiatan impor/impor.

Urutan tindakan yang dilakukan oleh jasa ekspedisi ini terlihat sangat sederhana. Alurnya bekerja sama dengan forwarder yang sama di tanah air.

Ketika Anda menggunakan jasa mereka untuk mengirimkan barang ke negara A, forwarder akan mencari agen yang sama di negara tujuan. Baru setelah itu forwarder akan pergi ke forwarder di negara pengirim untuk melanjutkan proses pengiriman itu sendiri.

Padahal, jasa Freight Forwarding hanya mencakup kegiatan pengiriman/pengiriman eksportir/importir melalui perusahaan ekspedisi bekas. Dari sana, kargo akan dijemput/dikirim ke lokasi yang diinginkan.

Jenis Jasa Freight Forwarding

Jenis-Jasa-Freight-Forwarding

Jika Anda ingin menggunakan layanan, pastikan Anda menggunakan layanan yang sesuai. Jangan salah paham atau salahkan penyedia layanan Anda atas kesalahpahaman Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis jasa Freight Forwarding.

Setidaknya penyedia jasa transportasi ini memiliki 4 jenis layanan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Pelabuhan ke Pelabuhan / Port to Port

Layanan ini sangat singkat dan sederhana dibandingkan dengan layanan lain yang ditawarkan oleh perusahaan jasa. Kegiatan yang dilakukan hanya sebatas penerimaan barang di pelabuhan.

Setelah menerima barang, perusahaan akan mengirimkan barang ke pelabuhan tujuan untuk bongkar muat. Sisanya importir akan mengurus pemindahan ke gudang.

Pelabuhan ke Pintu / Port to Door

Layanan kedua ini memberikan gambaran tentang pekerjaan jasa ekspedisi dalam proses pengangkutan kargo dari pelabuhan ke tempat pembongkaran. Setelah barang dibongkar, perusahaan akan mengambilnya dan mengirimkannya ke gudang penerima seperti yang dijanjikan.

Dilihat dari pekerjaannya, tugasnya hanya terbatas pada pengumpulan di tempat pembongkaran. Barang akan diperiksa dan kemudian ditransfer hanya ke gudang penerima. Sedangkan pengiriman dari pelabuhan I ke pelabuhan bongkar bukan tanggung jawabnya.
Pintu pelabuhan
Layanan ini terbatas hanya untuk keberangkatan barang di jalur pengiriman. Setelah dikirim melalui laut, pekerjaan selesai.

Alurnya adalah perusahaan akan mengumpulkan barang dari gudang ekspor. Kemudian barang dikirim ke terminal atau pelabuhan. Setelah itu, perusahaan akan melakukan serangkaian operasi hingga akhirnya barang diberangkatkan dengan menggunakan moda transportasi yang digunakan, seperti menaiki kapal.

Dari Pintu ke Pintu / Door to Door

Jika tidak ingin lebih praktis dalam hal pengiriman barang, layanan door to door mungkin bisa menjadi pilihan yang cerdas. Anda hanya perlu biaya yang lebih tinggi karena layanannya lebih lengkap.

Layanan ini memungkinkan forwarder untuk mengirimkan barang dari gudang pengirim ke gudang penerima. Tentu akan ada beberapa tahapan yang panjang. Diantaranya, pengiriman barang dari gudang ke pelabuhan, dari pelabuhan ke pelabuhan lain, kemudian dari tempat bongkar ke tempat penerima.

Prosesnya panjang dan memakan waktu untuk membuat pekerjaan semakin sulit. Dan tarif yang dikenakan sebanding dengan jasa transportasi yang ditawarkan. Namun, ini sangat berguna untuk memastikan proses pengiriman yang lebih aman.

Moda Transportasi Dalam Jasa Freight Forwarding

Moda Transportasi Dalam Jasa Freight Forwarding

Layanan manajemen transportasi ini dapat menggunakan berbagai moda transportasi. Semua ini dapat ditentukan oleh pengirim. Tentu saja, dengan kesepakatan sebelumnya dengan pengirim. Namun secara umum, moda transportasi berikut digunakan.

Transportasi darat

Sarana transportasi yang dipertimbangkan pada rute darat itu sendiri sangat bervariasi. Jenis transportasi yang digunakan tergantung pada ukuran kargo. Semakin besar beban maka semakin besar pula penggunaan kendaraan yang digunakan, seperti tronton.

Namun jika dilihat dari segi penggunaannya, dua moda transportasi tersebut sering digunakan. Adalah sebagai berikut.

Dengan kereta api

Jika Anda mencari biaya pengiriman yang lebih rendah, kereta api adalah pilihan yang sangat cerdas. Jenis transportasi ini memiliki keunggulan dalam hal mengangkut barang dalam jumlah banyak.

Harus dipahami bahwa jalannya terbatas. Maka akan memakan waktu lebih lama, sehingga barang yang dikirim harus memiliki daya tahan yang lebih baik.

Dengan truk

Truk sendiri menjadi alat transportasi barang yang lebih fleksibel. Anda dapat menggunakannya untuk mengirimkan barang ke lokasi yang berbeda. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimnya agak lebih cepat.

Kekurangannya adalah jumlah barang dibatasi oleh jumlah kargo, tergantung kendaraan yang digunakan. Maka ongkosnya akan lebih mahal daripada bepergian dengan kereta api.

Transportasi Laut

Moda transportasi ini dapat digunakan untuk pengiriman ke pulau atau negara. Barang akan dikirim dalam beberapa hari.

Keuntungan utamanya adalah dapat menampung lebih banyak barang. Jenis pengirimannya juga lebih gratis. Maka biayanya akan lebih murah.

Yang perlu Anda pahami adalah bahwa proses pengiriman akan sedikit melambat tergantung pada ukuran pengiriman. Ini sedikit menjelaskan bahwa barang yang dikirim juga harus tahan terhadap kerusakan.

Jika barang tersebut rawan rusak, akan lebih baik jika Anda menggunakan moda transportasi lain. Karena jika tetap ngotot menggunakannya, Anda sendiri yang bertanggung jawab atas kerusakan yang akan mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Transportasi Udara

Efisiensi waktu menjadi prioritas utama saat menggunakan jalur udara. Bagi Anda yang ingin mengekspor / mengimpor barang dengan cepat, pesawat terbang adalah pilihan yang tepat.

Jalur udara ini dipilih ketika barang yang diangkut rentan terhadap kerusakan. Dan pengirim ingin mempercepat proses pengiriman surat dalam waktu dekat.

Jika Anda menggunakan perjalanan udara, tentu Anda akan mengeluarkan biaya lebih. Kemudian pesawat biasanya membatasi jumlah bagasi. Artinya, bebannya tidak sebesar saat menggunakan kapal.

Cara Memilih Jasa Freight Forwarding Terbaik

Menemukan jasa pengiriman barang terbaik tentunya akan memberikan jaminan terbaik untuk pengiriman barang. Dengan demikian, kegiatan ekspor-impor akan sangat menguntungkan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa manajemen transportasi untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Lebih khusus lagi, pastikan penyedia layanan Anda memenuhi kriteria berikut.

  • Berpengalaman
    Ingat, apa yang Anda kirim bukanlah lelucon. Kesalahan kecil dapat menyebabkan kerugian besar. Oleh karena itu, cobalah untuk berhati-hati dalam menentukan layanan forwarding. Sejak awal, carilah jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman menangani masalah ini. Setidaknya, pengalaman ini akan menjadi jawaban atas keraguan Anda tentang kegagalan atau kehilangan pengiriman. Bayangkan sebuah perusahaan yang berpengalaman dapat menangani segala macam tantangan di sepanjang jalan. Contohnya adalah penanganan proses perizinan agar lancar melalui pelabuhan atau terminal.
  • Memiliki entri unggulan
    Selain pengalaman, Anda juga perlu melihat rekam jejak perusahaan. Anda juga perlu melihat seberapa baik dia melakukan pekerjaannya. Biasanya perusahaan jasa terbaik selalu memiliki banyak pengguna jasa yang loyal. Anda hanya perlu melihat ulasan positif dan juga menemukan konfirmasi dengan melihat berapa banyak pengguna yang merekomendasikan perusahaan tersebut. Untuk pengirim barang yang berpengalaman dan direkomendasikan, OAKTree dapat dipertimbangkan. Perusahaan ini dikelola oleh para profesional dan telah menyelesaikan sejumlah pengiriman tanpa masalah. Untuk bekerjasama dengan OAKTree bisa melalui website resmi https://oaktree.id/.
  • Memberikan pelayanan prima
    Karakteristik yang terakhir ini berkaitan langsung dengan layanannya kepada pengguna layanan. Tahu bagaimana mereka bereaksi terhadap pelanggan. Yang terpenting, perusahaan ini merespons pertanyaan atau pertanyaan Anda dengan cepat.
  • Respons cepat memungkinkan Anda untuk segera membuat permintaan kerja sama yang mendesak. Dengan cara yang sama, Anda dapat mendiskusikan berbagai masalah yang terkait langsung dengan proses pengiriman dan biaya.

Terakhir, temukan perusahaan yang dapat memastikan barang-barang Anda aman saat bepergian. Perusahaan jasa terbaik akan terus melacak dan merutekan pengiriman sesuai dengan karakteristik kargo. Semakin baik eksekusi, semakin baik barang yang dikirim akan diterima tepat waktu. Jadi, sudahkah Anda menemukan Jasa Pengiriman Barang yang sesuai hari ini?