Pengertian Order dan Jenis-jenis Order Dalam Online Shop

Pengertian Order dan Jenis-jenis Order Dalam Online Shop

Pengertian Order Dalam Online Shop

Dalam dunia online shop, Anda pasti pernah mendengar istilah pre order, open order dan closed order. Ketiga istilah tersebut ternyata memiliki arti yang berbeda loh. Buat Anda yang mungkin belum tahu mengenai pengertian order dan jenis-jenis order tersebut dalam toko online seperti Tokopedia, Shopee dan sejenisnya. Mari sama-sama belajar untuk memahaminya.

Pengertian Order

Order artinya adalah pesanan, atau permintaan pembelian barang atau jasa kepada penjual. Kata order sering digunakan untuk transaksi jual beli di online shop.

Baca juga:   Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur dan Contoh PDF

Jenis-jenis Order Dalam Online Shop

Setidaknya ada 3 jenis order yang akan sering Anda temukan ketika transaksi melalui online shop. Berikut ini diantaranya.

Apa itu Pre Order?

Pre Order (PO) artinya adalah sistem pembelian dimana barang belum tersedia langsung dari penjual. Pembeli harus terlebih dahulu memesan dan membayar, kemudian menunggu perkiraan waktu tertentu untuk menerima barang. Biasanya, barang pre order membutuhkan waktu 3 hari, 7 hari hingga 14 hari tergantung dari waktu yang ditentukan dari penjual.

Selain konsep pre-order, ada juga yang dimaksud dengan Open Order dan Closed Order.

Pengertian Open PO (Pre-Order)

Open Pre-Order atau Open PO adalah artinya dalam online shop Anda harusĀ  melakukan pemesanan terlebih dahulu dan menunggu beberapa saat sampai barang tersebut tersedia untuk kemudian dapat dikirim ke tempat Anda.

Baca juga:   Retail Adalah? Ini Pengertian Retail dan Contoh Ritel

Pengertian Close PO (Pre-Order)

Closed Pre-Order atau Close PO adalah artinya Pesanan Pre-Order sudah ditutup. Istilah ini berasal dari Bahasa Inggris, dimana kata Close berarti Tutup dan Order diartikan sebagai pesanan. Meski kata tersebut berasal dari bahasa asing, istilah closed order sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia.

Pengertian Open Order

Sedangkan Open order dalam online shop artinya adalah pesanan dimana produk/barang tersebut sudah ada dan siap dikirim ke pembeli.

Pengertian Closed Order

Closed Order artinya adalah pesanan sudah ditutup, jadi ketika Anda ingin membeli produk/barang dari penjual dan menemukan tulisan Close Order, tunda terlebih dahulu atau Anda bisa mencari penjual lain yang masih ready stock. Istilah close order ini sering dijumpai di Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan tempat belanja online lainnya.

Baca juga:   Jasa Maklon: Contoh Produk Maklon dan Biaya Maklon

Nah sekarang Anda sudah tahu bukan bedanya pre order, open order dan closed order? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda saat ingin melakukan transaksi jual beli di online store.

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram