October 29, 2020
Uncategorized

Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan

Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan

Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan

Dalam sebuah pendirian bisnis usaha pasti dibutuhkan adanya sebuah laporan yang mampu melihat kondisi suatu keuangan. Perlu adanya laporan yang mampu dibaca sebagai tolak ukur apakah bisnis kita mencapai sebuah keuntungan atau malah mengalami kerugian. Nah oleh karena itu, kita sangat memerlukan pencatatan sebuah laporan yang dinamakan dengan Laporan Laba Rugi. Laporan laba rugi ini sangat berfungsi pada semua bisnis usaha. Karena didalam pencatatannya mengandung perhitungan pendapatan usaha kita yang berjalan. Juga biaya biaya operasional/administrasi yang kita keluarkan pada bulan tersebut. Sehingga dapat menampilkan total keuntungan atau kerugian yang kita alami pada periode itu.

Nah apa saja sih komponen dari Laporan Laba Rugi itu, dan data apa saja yang kita perlukan untuk membentuk sebuah Laporan Laba Rugi ini?

Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan

Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan

Pertama dalam Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan kita perlu menghitung semua total pendapatan usaha dan pendapatan diluar usaha (pendapatan bunga bank atau deposito) kita pada bulan laporan yang ingin kita susun. Totalkan semua pendapatan yang sudah kita dapat dan juga jangan lupa hitung nilai retur penjualan & potongan penjualan pada saat periode tersebut agar dapat mengurangi nilai omzet kotor menjadi omzet bersih. Semakin banyaknya nilai pendapatan, maka laba yang kita peroleh akan semakin lebih besar.

Tetapi omset yang besar belum tentu tidak ada banyak biaya yang dikeluarkan. Nah disini kita juga harus menghitung besarnya biaya apa saja yang sudah kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Biaya yang perlu kita hitungkan pertama kali adalah biaya nilai barang dan semua biaya yang diperlukan dalam proses produksi atau biaya yang terkandung oleh proses penerimaan barang yang kita stok. Biaya ini sering kita sebut dengan nama Beban Pokok Penjualan. Biaya yang kedua adalah biaya umum dan administrasi yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan pada periode tsb, seperti biaya operasional, biaya pajak, biaya depresiasi asset tetap.

Baca juga

Cara Mudah Membuat Pembukuan

Tips Memilih Software Akuntansi

Setelah semua tertotal, hitung Total Pendapatan bersih dan kurangi dengan total biaya yang terjadi . Maka akan menghasilkan nominal plus (dianggap untung/profit) atau minus (rugi/loss) disitulah Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan.

Dari laporan yang sudah tersaji kita bisa menjadikan laporan tsb sebagai acuan strategi selanjutnya oleh perusahaan  untuk mengembangkan nilai omzet bisnis nya . Selain itu kita dapat membuat acuan laporan tersebut untuk perbandingan dengan laporan yang akan dibuat di periode selanjutnya. Dan tak sedikit pula pengusaha dapat mengontrol nilai biaya yang dianggap masih bisa di kurangin di periode selanjutnya oleh perusahaan dari laporan laba rugi tsb.

Demikian artikel dari saya mengenai Fungsi Penyusunan Laporan Keuangan. Semoga dapat membantu dalam pengembangan laporan keuangan bisnis anda.

Ditulis oleh : Ghanis Nur Rafita, Szeto Consultants

 

Informasi lebih lanjut langsung hubungi kami

Jakarta : 0813 1234 7228 (Mas Jhonni)

Surabaya : 0812 1234 7228 (Mas Erick)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Related posts

Training Accurate Online Store Taman Palem

wengku

Tips Memilih Software Akuntansi

wengku

Harga Jasa dan Training Accurate Terbaru 2018

wengku

Leave a Comment

Dapatkan langsung promo

PROMO 10.10