Akuntansi

GAAP adalah? Yuk Mengenal Apa itu US GAAP Dalam Akuntansi

Apa itu US GAAP? Sistem akuntansi sudah dikenal baik oleh orang-orang di bidang akuntansi. Manajemen laporan keuangan akrab dengan istilah-istilah akuntansi ini. Akuntan yang mengaudit laporan keuangan menggunakan istilah ini dalam praktiknya. Mahasiswa akuntansi merasa kesulitan untuk memahaminya dalam berbagai mata pelajaran. Apa prinsip, standar, dan sistem akuntansi dan bagaimana hubungannya?

Sejarah Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum (GAAP)

Munculnya Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum dapat dilihat dari peran akuntansi dalam menyajikan informasi kepada berbagai pihak. Secara khusus, GAAP mengatur akuntansi keuangan, yang memberikan informasi kepada pihak di luar organisasi. Namun, informasi yang diberikan bermanfaat tidak hanya untuk di luar perusahaan, tetapi juga di dalam organisasi.

Apa itu GAAP dalam akuntansi? Berikut ini penjelasan dan definisinya:

GAAP Adalah?

GAAP adalah singkatan dari Generally Accepted Accounting Principles. GAAP merupakan kombinasi dari standar yang ditetapkan oleh dewan kebijakan dan cara pencatatan dan penyajian informasi akuntansi yang diterima secara umum.

Generally accepted accounting principles meningkatkan kejelasan komunikasi informasi keuangan. Bisa juga digunakan sebagai kelompok standar aplikasi akuntansi dan industri umum yang telah berkembang selama bertahun-tahun. Fungsi generally accepted accounting principles ini biasanya digunakan untuk:

  1. Pengungkapan Informasi Pendukung Tertentu.
  2. Atur informasi keuangan Anda dengan benar dalam catatan akuntansi
  3. Meringkas catatan akuntansi dalam laporan keuangan

GAAP didasarkan pada laporan dari sejumlah organisasi akuntansi yang didanai pemerintah, yang terbaru adalah Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB / Financial Accounting Standards Board).

Komisi Sekuritas dan Bursa juga menerbitkan laporan akuntansi melalui Buletin Personil Akuntansi dan pengumuman lain yang khusus untuk perusahaan publik dan dianggap sebagai bagian dari GAAP.

Related Post

GAAP termasuk dalam Accounting Standards Codification (ASC), yang tersedia secara online dan cetak. Salah satu alasan menggunakan generally accepted accounting principles adalah bahwa siapa pun yang membaca laporan keuangan beberapa perusahaan memiliki dasar perbandingan yang masuk akal karena semua perusahaan yang menggunakan GAAP menyusun laporan keuangan mereka menggunakan aturan yang sama. generally accepted accounting principles mencakup berbagai topik yaitu.

  • Penyajian laporan keuangan
  • Aset, pendapatan, ekuitas, kewajiban, pengeluaran, dan kombinasi bisnis
  • nilai wajar
  • Mata uang asing
  • Pinjaman
  • Transaksi non tunai
  • Acara selanjutnya
  • Akuntansi industri

10 Prinsip Generally Accepted Accounting Principles

Prinsip Generally Accepted Accounting Principles

Ada 10 prinsip GAAP ini akan membantu Anda mengingat tujuan utama dan sistem GAAP.

  1. Prinsip metode permanen.
    Prosedur yang digunakan dalam pelaporan keuangan harus konsisten.
  2. Prinsip konsistensi
    Profesional berusaha untuk menerapkan standar yang sama di seluruh proses pelaporan untuk mencegah kesalahan atau ketidakakuratan. Akuntan diharapkan untuk sepenuhnya mengungkapkan dan menjelaskan alasan untuk mengubah atau memperbarui standar.
  3. Prinsip Iman Sempurna
    Berasal dari bahasa latin uberrimae fidei yang digunakan dalam industri asuransi. Hal ini mengasumsikan bahwa para pihak tetap jujur ​​dalam bertransaksi.
  4. Prinsip keikhlasan
    Akuntan berusaha untuk memberikan gambaran yang akurat tentang posisi keuangan perusahaan.
  5. Prinsip keteraturan
    Akuntan mengikuti aturan dan peraturan generally accepted accounting principles sebagai standar.
  6. Prinsip kehati-hatian
    Menekankan penyajian data keuangan berbasis fakta yang tidak disembunyikan oleh spekulasi.
  7. Prinsip non-kompensasi
    Baik aspek negatif maupun positif harus diungkapkan sepenuhnya secara transparan dan tanpa mengharapkan kompensasi utang.
  8. Prinsip keberlanjutan
    Ketika menilai aset, harus diasumsikan bahwa bisnis akan terus beroperasi.
  9. Prinsip periodisitas.
    Aplikasi harus didistribusikan dalam kerangka waktu yang tepat. Misalnya, pendapatan harus dibagi dengan periode yang sesuai.
  10. Prinsip materialitas / niat baik
    Akuntan harus berusaha untuk pengungkapan penuh dalam laporan keuangan.
Courtesy Youtube / Dosen Inn

Generally accepted accounting principles ini hampir sama dengan IFRS namun ada beberapa perbedaan yang mungkin belum Anda ketahui, berikut ini bedanya GAAP dengan IFRS.

Perbedaan GAAP dan IFRS

GAAP digunakan terutama oleh perusahaan yang melaporkan hasil keuangan mereka di Amerika Serikat. Meskipun IFRS (Standar Pelaporan Keuangan Internasional) adalah sistem akuntansi yang digunakan di sebagian besar negara lain. generally accepted accounting principles lebih berbasis aturan daripada IFRS. IFRS lebih berfokus pada prinsip-prinsip umum daripada generally accepted accounting principles yang membuat bekerja di bawah IFRS jauh lebih kecil, lebih jelas dan lebih mudah dipahami daripada generally accepted accounting principles. Karena IFRS masih dalam pengembangan, GAAP dianggap sebagai kerangka akuntansi yang lebih komprehensif.

Sebagian instansi dan kelompok kerja yang secara bertahap mengurangi perbedaan antara sistem akuntansi berbasis GAAP dan IFRS, sehingga pada akhirnya harus ada perbedaan kecil dalam hasil bisnis yang dilaporkan ketika berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya. Tujuannya adalah untuk memasukkan GAAP ke dalam IFRS, tetapi ini tidak terjadi.

Aditia Novit

Ingin banyak belajar dan berbagi ilmu pengetahuan dan tutorial seputar akuntansi dan bisnis untuk Anda.

Recent Posts

Tutup Buku Accurate Online

Tutup Buku Accurate Online  ,bagaimana cara melakukannya?. Mungkin ini masih menjadi pertanyaan yang masih belum terjawab bagi sebagian pengguna Accurate.…

3 jam ago

Accurate Software Indocomtech 2018

Setelah absen beberapa tahun, akhirnya Accurate Accounting Software kembali lagi hadir di Indocomtech 2018. Indocomteh 2018 berlangsung di JCC Senayan…

17 jam ago

Training Accurate Online Store Semanggi

Hari Jumat 7 September 2018, SAC berkesempatan untuk Training Accurate Online Store Semanggi. ABC Semanggi sendiri terletak di Plaza Semanggi…

1 hari ago

Workshop Accurate Jakarta “How To Maximize Accurate 5” (Batch 1 dan 2)

Tanggal 14 dan 28 Agustus 2018 yang lalu kami membawakan Workshop Accurate Jakarta. Workshop kali ini bertajuk "How To Maximize Accurate…

2 hari ago

Apa yang Dimaksud Dengan Kewajiban? Berikut Contohnya!

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Misalnya, warga negara berkewajiban untuk saling menghormati dan menjaga kerukunan antar umat beragama.…

2 hari ago

Akuntabilitas adalah : Prinsip, Fungsi dan Jenis Akuntabilitas

Istilah akuntabilitas adalah sesuatu yang mungkin sering Anda dengar dalam manajemen atau manajemen perusahaan atau bahkan pemerintahan. Akuntabilitas berkaitan erat…

2 hari ago