ISO 27001 Apa Maksudnya? Ini Penjelasan dan Manfaatnya!

ISO 27001 Apa Maksudnya? Ini Penjelasan dan Manfaatnya!

ISO 27001 Apa Maksudnya

ISO 27001 Definisi dan Manfaat Bagi Perusahaan – Data yang pada dasarnya merupakan bagian dari sistem informasi harus terus dilindungi tingkat keamanannya. Jika perusahaan Anda tidak dapat melindungi keamanan informasi dan informasi pelanggan. Maka akan berdampak serius. Untuk itu diperlukan standarisasi oleh ISO (The International Organization for Standardization) dengan kode ISO 27001.

Dengan mengantongi ISO 27001, perusahaan akan menunjukkan kepada pemangku kepentingan dan pelanggan bahwa Anda dapat menganggap serius keamanan sistem informasi, mengetahui risiko dan cara mengatasi masalah yang ada.

Kedepannya, pelanggan akan merasa lebih aman dan terjamin saat berkolaborasi dengan Anda karena perusahaan Anda sudah memiliki sertifikasi ISO 27001. Bagi pelanggan, data dan informasi merupakan aset yang sangat berharga dan membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi untuk menjaganya.

Apa itu ISO 27001?

ISO 27001 pada dasarnya merupakan suatu bentuk standarisasi internasional yang menetapkan spesifikasi tertentu untuk kebutuhan suatu sistem manajemen keamanan informasi atau yang secara luas dikenal dengan ISMS (Information Security Management System).

Baca juga:   NPWP Online: Cara Daftar Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi & Badan

SMKI terdiri dari prosedur, kebijakan, dan kontrol lain yang melibatkan teknologi, orang, dan proses yang kompleks. Landasan pembentukan ISO/IEC ISMES adalah manajemen risiko, yang bertujuan untuk menentukan kontrol keamanan mana yang harus dipertahankan dan diterapkan.

Versi terbaru dari standar ISO dirilis pada September 2013, menggantikan versi sebelumnya yang diterbitkan pada 2005.

Dengan sertifikasi ISO 27001, perusahaan akan memanfaatkan standar ini untuk mengelola dan mengendalikan serta menjaga risiko keamanan informasi perusahaan yang meliputi kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas.

Pengembangan standar ISO 27001 adalah untuk dapat menerapkan, menetapkan, memantau, mengoperasikan, memelihara, meninjau, dan meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi yang terdapat dalam suatu perusahaan.

Standar sertifikasi yang terakreditasi dan juga diakui secara luas di seluruh dunia ini merupakan parameter bahwa SMKI perusahaan Anda sesuai dengan standar praktik keamanan informasi terbaik.

Baca juga:   Branch Funding Support Adalah? Pengertian, Gaji dan Tugasnya!

Manfaat ISO Bagi Perusahaan

Untuk berbagai skala bisnis setiap perusahaan, ISO telah menjadi standar terbaik. Apapun industri bisnis Anda, ada baiknya untuk mulai menerapkan ISO sebagai standar karena memiliki banyak manfaat, baik untuk manajemen perusahaan maupun untuk konsumen.

Manfaat umum ISO 27001 adalah sebagai berikut:

  1. Lindungi informasi karyawan dan konsumen
  2. Mengantisipasi serangan cyber
  3. Mengelola risiko keamanan sistem informasi secara lebih efektif dan lebih tepat
  4. Mengurangi anggaran keamanan informasi, karena Anda hanya perlu menerapkan kontrol keamanan yang benar-benar dibutuhkan, tetapi dengan hasil yang maksimal
  5. Akan lebih patuh dalam hal pekerjaan, karena ada standar yang ditetapkan
  6. Meningkatkan kredibilitas dan branding perusahaan
  7. Membantu menarik pelanggan baru serta mempertahankan klien yang sudah ada.

Jadi bisa disimpulkan bahwa ISO 27001 merupakan bentuk standarisasi internasional untuk dapat menerapkan, menetapkan, memantau, mengoperasikan, meninjau, memelihara dan juga meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi dalam suatu perusahaan.

Baca juga:   Cara Membuat Buket Snack, Bisnis Kreatif Rumahan yang Menjanjikan

Penerapan ISO tentunya akan dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda, karena tentunya klien atau pelanggan akan melihat kredibilitas dan kepercayaan Anda. Mereka juga akan merasa lebih aman saat bekerja dengan perusahaan Anda.

Salah satu cara untuk mengatasi sistem keamanan manajemen informasi adalah dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Selain bisa menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, Anda juga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan departemen untuk kemudahan dalam kegiatan operasional sehari-hari, sehingga tidak ada data tersendiri di database lain.

Anda juga dapat menggunakan Accurate Online untuk kebutuhan manufaktur dan distribusi Anda. Anda dapat mencatat dan memantau laporan keuangan Anda dari mana saja dan kapan saja.

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram