fbpx

Jaringan 5G di Indonesia [Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan]

jaringan 5g di indonesia

Bagikan artikel ini:

Jaringan 5G – Saat ini di Indonesia telah tersedia jaringan internet 5G, yang telah diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 27 Mei 2021 secara terbatas. Jaringan 5G saat ini menjadi generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel yang menggantikan 4G sebagai jaringan utama bagi perusahaan seluler dan produsen telepon di Indonesia.

Berikut adalah ulasan tentang jaringan 5G di Indonesia

  1. Apa itu jaringan 5G ?

5G merupakan sebuah teknologi seluler yang memberikan kecepatan yang cukup tinggi, yaitu dengan kecepatan data 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Kecepatan internet 5G lebih tinggi dari generasi sebelumnya, termasuk dalam mengunduh data ke perangkat.

Jaringan 5G dirancang guna meningkatkan kecepatan internet, meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel dan guna mengurangi latensi.

  1. Siapa Penemu Jaringan 5G ?

Michael Lemke, disebut-sebut sebagai orang yang punya andil dengan munculnya teknologi 5G. Pria berkebangsaan Jerman ini merupakan ahli fisika yang bergelar PhD (doktor). Kabarnya, ia menggeluti dunia telekomunikasi sudah hampir 24 tahun lamanya.

Baca juga:   Perbedaan Developer dan Kontraktor, Jangan Salah Lagi ya!

Michael Lemke dianggap sosok penemu (bapak) dari jaringan 5G. Penemu 5G melakukan penelitian di Dresden University of Technology yang dimulai sejak Januari 2016. Perkembangan 5G digunakan untuk dasar Internet of Things, smart city dan telemedicine.

  1. Kira – kira bagaimana kecepatan-nya ?

Dalam hal kecepatan, ini merupakan salah satu keunggulan dari jaringan internet 5G yang mana memiliki kecepatan internet jauh lebih cepat dari pendahulunya. Untuk membuktikan hal tersebut, maka dilakukannya uji jaringan 5G, guna membandingkan koneksi 4G LTE pada tujuh lokasi, yakni di Bandara Soekarno Hatta, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Kuningan Barat, Pondok Indah, BSD, dan Alam Sutera.

Tidak hanya itu, 5G juga menawarkan latensi super rendah atau latensi ultra rendah, dapat membuat anda bebas streaming film dan video tanpa lag dan kualitas tinggi, ketersediaan dan kapasitas data yang besar, cloud gaming dengan latensi rendah dan kualitas panggilan video anda pun akan lebih lancar dan jernih.

Baca juga:   Metaverse adalah? Berikut Pengertian Metaverse dan Sejarahnya

Dengan adanya jaringan 5G pun dapat memberikan kemudahan untuk anda sebagai pengguna accurate. Karena 5G memberikan tingkat kecepatan yang jauh lebih tinggi dari jaringan sebelumnya.

  1. Handphone Yang Mendukung Jaringan 5G ?

Daftar handphone terbaru yang support jaringan 5G di Indonesia

  • Samsung Galaxy A32 5G

Harga Samsung Galaxy A32 5G : IDR 3.999.000

  • Selanjutnya ada Samsung Galaxy S21 5G

Samsung Galaxy S21 5G di banderol dengan harga : IDR 14.000.000

  • Samsung Galaxy S21+ 5G

Harga : IDR 15.999.000

  • Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Harga Samsung Galaxy S21+ 5G : IDR 19.999.000

  • OPPO Reno5 5G

Harga OPPO Reno5 5G : IDR 4.999.000

  • OPPO A74 5G

Harga OPPO A74 5G : IDR 1.699.000

  • Vivo V21 5G
Baca juga:   Sertifikat Elektronik Pajak : Apa itu, Fungsi & Cara Mendapatkan

Harga Vivo V21 : IDR 5.799.000

  1. Apa keuntungan-nya bagi pebisnis ?

untuk kalian pebisnis yang sering melakukan pembukuan, pasti sudah tidak asing dengan ACCURATE, karenanya untuk anda yang merupakan pengguna accurate, kehadiran jaringan 5G ini dapat membantu penggunaan accurate jauh lebih cepat pula.

Accurate online yang cukup lengkap, dengan jaringan super cepat 5G serta sistem accurate yang cepat, pastinya dapat meningkatkan kinerja anda menjadi lebih efektif dan lebih cepat.

Terlebih saat ini 5G sudah terbuka di pasar ponsel Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah vendor telah menghadirkan produk-produk yang mendukung jaringan tersebut ke Indonesia.

Pada awalnya, harga dari ponsel 5G masih tinggi, namun seiring berjalannya waktu, ponsel 5G dengan harga terjangkau mulai bermunculan. Sehingga dapat dengan mudah anda mendapatkan jaringan 5G.

  1. Wilayah Mana Yang Kejangkau Jaringan 5G di Indonesia ?

  • Alam sutera, Tanggerang Selatan, Banten
  • Bumi Serpong Damai, Tangsel Banten
  • Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
  • Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Pondok Indah, Jaksel
  • Widya Chandra, Jaksel

Author :

Artikel Terkait

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.