Cara Menghitung Laba Kotor Perusahaan

Cara Menghitung Laba Kotor Perusahaan

Cara Menghitung Laba Kotor Perusahaan

Apa itu Laba Kotor? Laba kotor (Gross Profit) adalah laba yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi biaya yang terkait dengan pembuatan dan penjualan produknya, atau biaya yang terkait dengan penyediaan layanannya. Laba kotor akan muncul pada laporan laba rugi perusahaan dan untuk cara menghitung laba kotor ialah dengan mengurangkan harga pokok penjualan (HPP) dari pendapatan (penjualan). Angka-angka ini dapat ditemukan pada laporan laba rugi perusahaan. Laba kotor juga dapat disebut sebagai laba penjualan atau pendapatan kotor .

Rumus Cara Menghitung Laba Kotor

​Laba kotor = Pendapatan − Harga pokok penjualan

Fungsi Laba Kotor

Laba kotor menilai efisiensi perusahaan dalam menggunakan tenaga kerja dan perlengkapannya dalam memproduksi barang atau jasa. Metrik sebagian besar melihat biaya variabel —yaitu, biaya yang berfluktuasi dengan tingkat output, seperti:

  • Bahan
  • Tenaga kerja langsung, dengan asumsi itu per jam atau tergantung pada tingkat output
  • Komisi untuk staf penjualan
  • Biaya kartu kredit untuk pembelian pelanggan
  • Peralatan, mungkin termasuk penyusutan berdasarkan penggunaan
  • Utilitas untuk lokasi produksi
  • Pengiriman

Seperti yang didefinisikan secara umum, laba kotor tidak termasuk biaya tetap (yaitu, biaya yang harus dibayar terlepas dari tingkat output). Biaya tetap meliputi sewa, iklan, asuransi, gaji karyawan yang tidak terlibat langsung dalam produksi, dan perlengkapan kantor.

Baca juga:   Training Accurate di Yogyakarta

Namun, perlu dicatat bahwa sebagian dari biaya tetap dibebankan ke setiap unit produksi di bawah biaya penyerapan , yang diperlukan untuk pelaporan eksternal berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP).

Misalnya, jika sebuah pabrik memproduksi 10.000 widget dalam periode tertentu, dan perusahaan membayar sewa gedung sebesar $30.000, biaya sebesar $3 akan diatribusikan ke setiap widget di bawah biaya penyerapan.

Laba kotor tidak boleh disamakan dengan laba operasi . Laba operasi dihitung dengan mengurangkan biaya operasi dari laba kotor.

Laba Kotor vs. Margin Laba Kotor

Laba kotor dapat digunakan untuk menghitung metrik lain, margin laba kotor . Metrik ini berguna untuk membandingkan efisiensi produksi perusahaan dari waktu ke waktu. Cukup membandingkan laba kotor dari tahun ke tahun atau kuartal ke kuartal bisa menyesatkan, karena laba kotor bisa naik sementara margin kotor turun—tren mengkhawatirkan yang bisa membuat perusahaan terpuruk.

Meskipun istilahnya serupa (dan terkadang digunakan secara bergantian), laba kotor tidak sama dengan margin laba kotor . Laba kotor dinyatakan sebagai nilai mata uang, margin laba kotor sebagai persentase. Rumus margin laba kotor adalah sebagai berikut:


Margin kotor = Pendapatan−Harga pokok penjualan / Pendapatan

Contoh Perhitungan Laba Kotor

Berikut adalah contoh cara menghitung laba kotor dan margin laba kotor, menggunakan laporan laba rugi Perusahaan ABC.

Baca juga:   GAAP adalah? Yuk Mengenal Apa itu US GAAP Dalam Akuntansi
Pendapatan
(dalam jutaan IDR)
Otomotif
141.546.000
Layanan keuangan
10.253.000
Lainnya
1
     Total pendapatan
151.800.000
Biaya dan pengeluaran
Biaya penjualan otomotif
126.584.000
Biaya penjualan, administrasi, dan lainnya
12.196.000
Bunga Jasa Keuangan, operasional, dan biaya lainnya
8.904.000
     Total biaya dan pengeluaran
147.684.000

Untuk menghitung laba kotor, pertama-tama kita menjumlahkan harga pokok penjualan (HPP), yang berjumlah Rp126.584.000. Kami tidak memasukkan biaya penjualan, administrasi, dan lainnya karena sebagian besar merupakan biaya tetap. Kami kemudian mengurangkan harga pokok penjualan dari pendapatan untuk memperoleh laba kotor Rp151.800.000 – Rp126.584.000 = Rp25.216.000.

Untuk mendapatkan margin laba kotor, kami membagi laba kotor dengan total pendapatan untuk margin Rp25.216.000 / Rp151.800.000 = 16,61%. Ini lebih baik dibandingkan dengan rata-rata industri otomotif sekitar 14%, menunjukkan bahwa Ford beroperasi lebih efisien daripada rekan-rekannya.

Batasan Penggunaan Laba Kotor

Laporan laba rugi standar yang disiapkan oleh layanan data keuangan dapat memberikan laba kotor yang sedikit berbeda. Pernyataan ini dengan mudah menampilkan laba kotor sebagai item baris terpisah, tetapi hanya tersedia untuk perusahaan publik.

Investor yang meninjau pendapatan perusahaan swasta harus membiasakan diri dengan item biaya dan pengeluaran pada neraca non-standar yang mungkin atau mungkin tidak menjadi faktor dalam perhitungan laba kotor.

Baca juga:   Akun Riil, Nominal dan Campuran, Berikut Contohnya!

Apa yang Diukur Gross Profit?

Laba kotor, juga dikenal sebagai pendapatan kotor, sama dengan pendapatan perusahaan dikurangi harga pokok penjualan (HPP). Ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi seberapa efisien perusahaan mengelola tenaga kerja dan persediaan dalam produksi. Secara umum, laba kotor akan mempertimbangkan biaya variabel, yang berfluktuasi dibandingkan dengan output produksi. Biaya ini mungkin termasuk tenaga kerja, pengiriman, dan bahan, antara lain.

Apa Contoh Gross Profit?

Pertimbangkan laporan laba rugi triwulanan berikut di mana sebuah perusahaan memiliki pendapatan Rp100.000.000 dan Rp75.000.000 dalam beban pokok penjualan. Yang penting, di bawah biaya, perhitungan Anda tidak akan mencakup biaya penjualan, umum, dan administrasi (SG&A). Untuk mencapai total laba kotor, pendapatan Rp100.000.000 akan dikurangi Rp75.000.000 dalam beban pokok penjualan menjadi $25.000.

Perbedaan Laba Kotor dan Laba Bersih

Laba kotor adalah pendapatan yang tersisa setelah biaya produksi dikurangi dari pendapatan, dan membantu investor menentukan berapa banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan dari produksi dan penjualan produknya. Sebagai perbandingan , laba bersih, atau laba bersih, adalah laba yang tersisa setelah semua pengeluaran dan biaya dikeluarkan dari pendapatan. Ini membantu menunjukkan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan, yang mencerminkan efektivitas manajemen perusahaan.

Sumber:

Gross Profit Definition (investopedia.com)

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Aditia Novit
Aditia Novit
Ingin banyak belajar dan berbagi ilmu pengetahuan dan tutorial seputar akuntansi dan bisnis untuk Anda.