Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Contoh laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran memegang peranan penting bagi individu atau perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menyusun laporan pendapatan dan pengeluaran. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Anda juga dapat dengan mudah menemukan contoh laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan Excel secara online.

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan & Pengeluaran di Excel

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan & Pengeluaran di Excel

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Mengingat pentingnya laporan ini, apa yang membuatnya begitu istimewa? Perlu diingat bahwa ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari memiliki laporan keuangan ini. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan manfaat tersebut, Anda dituntut memiliki keterampilan memformat laporan yang baik.

Setelah membahas secara rinci keuntungan akuntansi untuk arus kas masuk dan arus keluar, kami akan menyajikan contoh bentuk sederhana dari laporan kas. Bahkan, Anda dapat mengunduh contoh laporan laba rugi keuangan Excel langsung dari web. Namun, untuk lebih mudah memahaminya, lihat saja contoh di bawah ini.

No.
Tanggal
Keterangan
Masuk
Keluar
1.
1
Jumlah saldo sebelumnya
Rp1.500.000
2.
5
Gaji bulan ini
Rp5.800.000
3.
7
Belanja kebutuhan harian
Rp600.000
4.
9
Bayar kredit motor
Rp850.000
5.
10
Bayar tagihan bulanan
Rp750.000
6.
11
Nongkrong di luar
Rp50.000
7.
13
Beli keperluan dapur
Rp500.000
8.
15
Beli camilan harian
Rp500.000
9.
18
Beli lauk makanan
Rp300.000
10.
20
Biaya transport
Rp500.000
11.
21
Servis berkala motor
Rp300.000
12.
22
Pembelian gas LPG
Rp140.000
13.
23
Biaya kesehatan
Rp100.000
14.
23
Donasi
Rp300.000
15.
25
Uang Kuota Internet
Rp300.000
16.
27
Tabungan
Rp300.000
17.
27
Investasi
Rp300.000
Total
Rp7.300.000
Rp5.700.000
Saldo akhir
Rp1.600.000

Kurang lebih seperti contoh sederhana laporan keuangan bulanan. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak contoh dari versi MS Excel, Anda hanya perlu mencari dan mengunduh laporan keuangan Excel gratis.

Download Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Download Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Di bawah ini adalah contoh laporan keuangan sederhana berupa pemasukan dan pengeluaran dalam format excel. Untuk kolom saldo tidak menggunakan rumus excel, hanya perlu membuat sendiri, caranya juga mudah. Anda dapat menggunakan fungsi SUM atau Kurangi untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Silahkan download filenya dibawah ini.

Contoh laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel

Unduh / Download Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran.xlsx

Manfaat Membuat Laporan Keuangan

Manfaat Membuat Laporan Keuangan

Ketika karyawan terbiasa mencatat arus kas rutin, berbagai manfaat bisa dirasakan. Tentunya hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

  1. Pengetahuan tentang kondisi keuangan terkini
    Adanya pencatatan kas ini akan membuat perusahaan selalu up to date dengan kondisi keuangan terkini. Karena laporan tersebut dengan jelas mencatat pemasukan dan pengeluaran untuk bulan tersebut. Dalam informasi ini, perusahaan juga dapat melihat apakah perusahaan mengalami kerugian atau untung pada bulan ini.
  2. Lebih mudah mengelola penarikan
    Selanjutnya, pencatatan kas akan mempermudah pengelolaan pengeluaran. Artinya, perusahaan akan mendapat referensi lain saat menyusun anggaran, selain data jangka pendek. Memiliki informasi tentang pengeluaran dan pendapatan akan memungkinkan kantor untuk menghitung anggaran dalam jangka panjang.
  3. Membantu menetapkan tujuan keuangan
    Selain itu, laporan keuangan dapat mempermudah dalam menetapkan tujuan keuangan. Dengan menampilkan data bulanan, Anda dapat dengan mudah menemukan sasaran prioritas saat membuat anggaran. Tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk individu, informasi pengeluaran semacam ini dapat memudahkan untuk memprioritaskan pengeluaran bulanan.
  4. Arus kas menjadi lebih terkendali
    Memiliki informasi mengenai arus keuangan bulanan tentunya akan memudahkan dalam mengelola arus kas. Dari sana, Anda bisa melihat ke mana arah alokasi kas. Berbekal data tersebut, seseorang atau perusahaan akan dapat mengelola keuangannya dengan lebih baik di masa mendatang.
  5. Mengetahui kemampuan berinvestasi
    Menyiapkan laporan juga akan membuat peluang keuangan lebih terukur. Sangat penting untuk mengetahui potensi investasi yang dapat dilakukan dari dana yang tersedia. Tabungan atau investasi ini dapat berguna ketika muncul kebutuhan yang tidak terduga. Namun, penyaluran dana investasi tersebut juga harus disesuaikan agar tidak terlalu membebani kebutuhan sehari-hari.

Demikian contoh laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan di Excel. Kami berharap dengan contoh-contoh di atas, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami cara membuat catatan tersebut. Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan templat tabel atau gaya penulisan, Anda dapat dengan mudah menemukan contoh lain secara online.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran di Excel