Alasan Setiap Perusahaan Wajib Menyusun Laporan Keuangan

Alasan Setiap Perusahaan Wajib Menyusun Laporan Keuangan

Alasan Setiap Perusahaan Wajib Menyusun Laporan Keuangan

Setiap Perusahaan Wajib Menyusun Laporan Keuangan

Setiap perusahaan di Indonesia wajib menyusun laporan keuangan terutama laporan laba rugi. Lihat penjelasan di bawah ini.

Setiap perusahaan di Indonesia wajib membuat laporan keuangan terutama pada bagian laporan laba rugi. Ini memaksa semua perusahaan untuk menghasilkan apa yang dikenal sebagai laporan keuangan. Dari laporan keuangan tersebut, perusahaan mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis mereka.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Laporan keuangan (Financial Statement) merupakan dokumen penting perusahaan yang mencerminkan kondisi keuangan perusahaan. Ada banyak alasan mengapa menyusun laporan keuangan sangat penting. Baik bagi perusahaan maupun bagi pihak lain.

Mengapa Harus Ada Laporan Keuangan dari Sebuah Perusahaan?

Berikut adalah alasan mengapa pelaporan keuangan penting bagi setiap perusahaan:

  1. Memberikan informasi yang jelas tentang kondisi keuangan perusahaan kepada calon investor yang ingin menanamkan modalnya di perusahaan. Mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan, investor dapat menentukan bagaimana perusahaan dikelola dan apa hasilnya. Sehingga investor dapat menghitung berapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan berinvestasi pada suatu perusahaan.
  2. Dari sudut pandang klien, laporan keuangan dapat menjadi pedoman kredibilitas suatu perusahaan. Jika klien terikat kontrak jangka panjang, laporan keuangan yang stabil berarti perusahaan berjalan lancar dan kondisinya aman. Namun jika laporan keuangan kacau dan tiba-tiba perusahaan harus menyatakan dirinya pailit atau pailit, maka klien dengan kontrak jangka panjang dalam hal ini akan dirugikan.
  3. Pentingnya laporan keuangan bagi karyawan perusahaan, laporan keuangan menginformasikan tentang keadaan perusahaan. Mengingat karyawan yang bekerja di perusahaan bergantung pada gaji perusahaan, dengan laporan keuangan yang stabil tentunya karyawan akan lebih percaya pada perusahaan. Karyawan juga merasa betah bekerja di perusahaan.
  4. Pemegang saham pasti akan lebih percaya pada perusahaan dengan posisi keuangan yang stabil. Bagi pemegang saham, jika perusahaan dalam kondisi keuangan yang stabil dan baik, ini berarti peluang untuk memperoleh saham yang berharga merupakan peluang yang baik. Di sisi lain, jika kondisi keuangan perusahaan tidak stabil, hal ini menyebabkan pemegang saham takut akan kehilangan uang.
  5. Bagi perusahaan itu sendiri, laporan keuangan merupakan penilaian terhadap kondisi keuangan perusahaan. Dari laporan keuangan perusahaan, Anda bisa melihat aset mana yang bernilai, produk mana yang paling banyak terjual, dan mana yang kurang populer di pasaran. Dengan data tersebut, perusahaan dapat mengambil langkah pada periode berikutnya. Misalnya dengan memperbaiki produk yang kurang disukai masyarakat agar lebih diterima masyarakat di kemudian hari.

Manfaat Financial Statement

Laporan ini memiliki banyak manfaat bagi semua orang yang terlibat dalam organisasi. Dengan demikian, laporan ini merupakan dokumen penting yang tidak boleh dianggap remeh untuk proses registrasi transaksi.

Setiap informasi transaksi yang dicatat harus dicatat secara akurat dan rinci agar tidak terjadi kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Selain beberapa alasan yang diberikan di atas tentang pentingnya pelaporan keuangan, dapat juga dikatakan bahwa pelaporan keuangan penting karena alasan berikut:

  • Pendampingan perusahaan dalam menilai kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.
  • Memberikan informasi atau data yang komprehensif tentang posisi keuangan perusahaan. Misalnya review kondisi umum perusahaan atau review kondisi keuangan perusahaan secara khusus.
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan penting perusahaan. Terutama keputusan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan atau kelangsungan hidupnya.
  • Menciptakan hal-hal baru bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Kredibilitas perusahaan juga meningkat karena perusahaan dengan catatan keuangan yang stabil dan baik berhasil mengelola perusahaan terutama keuangan.
  • Laporan-laporan yang diberikan oleh manajemen perusahaan akan sangat membantu para pemegang saham dalam proses pengambilan keputusan dan sangat berguna untuk memantau situasi saat ini atau digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi masa depan.

Pihak yang Membutuhkan Laporan Keuangan

Beberapa pihak yang dianggap memerlukan laporan keuangan perusahaan adalah:

  • Kreditor Ini adalah pihak yang memberikan kredit dalam bentuk uang, barang atau jasa.
  • Investor¬†adalah pihak yang membeli saham, atau orang yang berwenang dari perusahaan, yang memerlukan laporan keuangan untuk mengetahui keadaan perusahaan untuk memastikan bahwa uang yang diinvestasikan aman dan menguntungkan.
  • Akuntan Publik adalah pihak yang mengaudit laporan keuangan perusahaan untuk evaluasi lebih lanjut berupa rekomendasi.
  • Karyawan adalah pihak-pihak yang sepenuhnya bekerja dan bergantung pada perusahaan untuk hidup mereka. Oleh karena itu, pelaporan keuangan diperlukan untuk menentukan keadaan perusahaan di masa yang akan datang.
  • Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan) adalah kepala perusahaan yang go public. Bertanggung jawab untuk mengevaluasi laporan keuangan dan menentukan apakah suatu perusahaan layak melakukan penawaran umum atau tidak.
  • Konsumen adalah pihak yang menggunakan produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Konsumen yang loyal akan memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap produk dan jasa.
  • Pemasok adalah pihak yang menerima pesanan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Laporan keuangan diperlukan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam melakukan pembayaran secara berkala atas barang atau jasa yang dikirimkan.
  • Pemerintah merupakan pihak yang membutuhkan laporan keuangan untuk melihat perkembangan perusahaan dan penerimaan pajak.

Menyusun laporan keuangan ini merupakan bagian penting dari kegiatan perusahaan. Banyak sekali manfaat laporan keuangan bagi sebuah perusahaan, karyawan, bahkan pelanggan dan pemegang saham. Perusahaan yang mengelola keuangannya dengan baik berarti memiliki manajemen yang baik pula.

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online sebagai solusi untuk mempermudah pembukuan bisnis Anda. Accurate Online adalah perangkat lunak akuntansi berbasis cloud yang digunakan oleh lebih dari 300 pengguna dari berbagai jenis dan ukuran bisnis. Mulai dari usaha kecil menengah hingga perusahaan manufaktur.

Hubungi kami untuk Jasa Training Accurate dengan Konsultan Profesional agar pembukuan Anda semakin mudah dan lancar.

Halo Hellen Saya Berminat Training Accurate

 



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Alasan Setiap Perusahaan Wajib Menyusun Laporan Keuangan