Modal Ventura dan Contoh Perusahaan Modal Ventura di Indonesia

Modal Ventura dan Contoh Perusahaan Modal Ventura di Indonesia

Modal Ventura dan Contoh Perusahaan Modal Ventura di Indonesia

Modal Ventura dan Contoh Perusahaan Modal Ventura di Indonesia

Apa itu modal ventura?

Modal ventura (venture capital) adalah bentuk pembiayaan di mana modal diinvestasikan ke dalam perusahaan, biasanya startup atau usaha kecil, dengan imbalan ekuitas di perusahaan. Ini juga merupakan bagian utama dari bagian yang jauh lebih besar dan kompleks dari lanskap keuangan yang dikenal sebagai pasar swasta.

Apa itu perusahaan modal ventura?

Perusahaan modal ventura atau Ventura Company (VC) adalah jenis perusahaan investasi yang mendanai dan membimbing perusahaan rintisan atau perusahaan muda lainnya yang sering berfokus pada teknologi. Mirip dengan perusahaan ekuitas swasta (PE) , perusahaan VC menggunakan modal yang diperoleh dari mitra terbatas untuk berinvestasi di perusahaan swasta yang menjanjikan. Tidak seperti perusahaan PE, perusahaan VC sering mengambil saham minoritas kepemilikan 50% atau kurang ketika mereka berinvestasi di perusahaan. Susunan perusahaan perusahaan disebut portofolio, dan bisnis itu sendiri disebut perusahaan portofolio.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Contoh perusahaan modal ventura di Indonesia meliputi:

1. PT Astra Vitra Ventura
2. PT Bina Artha Ventura
3. PT Celebes Artha Ventura
4. PT Ivaro Ventura
5. PT Lima Ventura
6. PT Sarana Kalsel Ventura
7. PT Sarana Lampung Ventura
8. PT Sosial Entreprener Indonesia
9. PT Vasham Kosa Sejahtera
10. PT Ventura Ginat Asia

Istilah Dalam Modal Ventura

 

Dana Modal Ventura

Untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk berinvestasi di perusahaan, perusahaan venture capital membuka dana ventura dan meminta komitmen dari mitra terbatas. Proses ini memungkinkan mereka untuk membentuk kumpulan uang, yang kemudian diinvestasikan ke perusahaan swasta yang menjanjikan. Investasi yang mereka lakukan biasanya ditukar dengan ekuitas minoritas yang merupakan 50% atau kurang saham di perusahaan.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Pemodal Ventura

Investor yang bekerja di perusahaan modal ventura disebut pemodal ventura. Mereka secara aktif mencari peluang investasi bagi perusahaan serta membantu meningkatkan modal untuk dana ventura. Pada tahun 2017, terdapat 4.589 investor VC aktif. Sebagai gambaran—sejak 2007, jumlah investor di industri ini meningkat 163 persen.

Menggunakan contoh di bagian sebelumnya, Edward van Wezel dari BioGeneration Ventures adalah seorang kapitalis ventura.

Bagaimana cara kerja modal ventura?

Ketika perusahaan tumbuh, mereka melewati berbagai tahap venture capital. Selain itu, perusahaan atau investor dapat fokus secara khusus pada tahap tertentu—yang berdampak pada cara mereka berinvestasi.

  • Tahap benih

    Ketika seorang pemodal ventura menyediakan perusahaan tahap awal dengan modal yang relatif kecil untuk digunakan untuk pengembangan produk, riset pasar, atau pengembangan rencana bisnis, itu disebut putaran benih. Seperti namanya, putaran awal seringkali merupakan putaran pendanaan resmi pertama perusahaan. Investor putaran benih biasanya diberikan catatan konversi, ekuitas atau opsi saham preferen sebagai imbalan atas investasi mereka.

  • Tahap awal

    Pendanaan venture capital tahap awal ditujukan bagi perusahaan dalam tahap pengembangan. Tahap pembiayaan ini biasanya lebih besar jumlahnya daripada tahap awal karena bisnis baru membutuhkan lebih banyak modal untuk memulai operasi begitu mereka memiliki produk atau layanan yang layak. Modal ventura diinvestasikan dalam putaran, atau seri, yang ditandai dengan huruf: Seri A, Seri B, Seri C, dan seterusnya.

  • Tahap akhir

    Tahap akhir pendanaan venture capital adalah untuk perusahaan yang lebih matang yang mungkin atau mungkin belum menguntungkan, tetapi telah terbukti tumbuh dan menghasilkan pendapatan. Seperti tahap awal, setiap babak atau seri ditandai dengan huruf. Seri D, Seri E, dan Seri F lebih umum, tetapi putaran pendanaan tahap akhir dapat mencapai Seri K.

Jika sebuah perusahaan yang diinvestasikan oleh perusahaan VC berhasil diakuisisi atau go public, perusahaan menghasilkan keuntungan dan mendistribusikan pengembalian kepada mitra terbatas yang menginvestasikan dananya. Perusahaan juga dapat memperoleh keuntungan dengan menjual sebagian sahamnya kepada investor lain dalam apa yang disebut pasar sekunder.

Apa itu modal ventura perusahaan?

Dalam modal ventura, ada subset yang disebut venture capital company (CVC). Perusahaan modal ventura korporat melakukan investasi atas nama perusahaan besar yang secara strategis berinvestasi di perusahaan rintisan—seringkali mereka yang beroperasi di dalam atau berdekatan dengan industri inti mereka—untuk mendapatkan keunggulan kompetitif atau meningkatkan pendapatan. Tidak seperti investasi VC, investasi CVC dilakukan dengan menggunakan uang perusahaan, bukan melalui modal dari mitra terbatas.

Bagaimana perusahaan modal ventura menghasilkan uang?

Perusahaan venture capital menghasilkan uang dengan mengumpulkan biaya manajemen dan kinerja. Ini dapat bervariasi dari dana ke dana, tetapi struktur biaya tipikal mengikuti aturan 2-dan-20:

  • Biaya pengelolaan
    Dihitung sebagai persentase aset yang dikelola (AUM), biasanya sekitar 2%. Biaya ini dimaksudkan untuk menutupi pengeluaran harian dan overhead, dan dikeluarkan secara teratur.
  • Biaya kinerja
    Dihitung sebagai persentase keuntungan dari investasi, biasanya sekitar 20%. Biaya ini dimaksudkan untuk memberi insentif pengembalian yang lebih besar dan dibayarkan kepada karyawan untuk menghargai kesuksesan mereka.

Apa Perbedaan Antara Modal Ventura dan Ekuitas Swasta?

Baik venture capital dan ekuitas swasta memiliki tujuan yang sama: untuk meningkatkan nilai bisnis yang mereka investasikan dan kemudian menjual saham ekuitas mereka (alias kepemilikan) untuk mendapatkan keuntungan. Namun, mereka berbeda dalam empat cara berbeda:

  1. Jenis perusahaan tempat mereka berinvestasi
  2. Tingkat modal yang mereka investasikan
  3. Jumlah ekuitas yang mereka peroleh
  4. Ketika mereka terlibat dalam siklus hidup perusahaan

Apa Perbedaan Antara Investor Umum dan Pemodal Ventura?

Investor umum adalah individu kaya yang menginvestasikan uang mereka sendiri ke perusahaan yang menjanjikan, sedangkan pemodal ventura mengumpulkan dan menginvestasikan modal dari mitra terbatas. Mark Cuban dan Lori Greiner , investor sering di Shark Tank ABC, adalah contoh investor umum.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Modal Ventura dan Contoh Perusahaan Modal Ventura di Indonesia