Szeto Accurate Consultants

Inilah Bapak Akuntansi, Penemu Konsep Debit Kredit

Penemu Debit Kredit – Menurut para ekonom, akuntansi telah ada sejak orang mengakui uang sebagai alat pembayaran yang sah. Pencatatan pengeluaran dan pemasukan uang, terjadinya hutang piutang dan usaha lainnya telah dilakukan oleh orang-orang terlebih dahulu di atas lempengan tanah liat, yang kemudian dikembangkan dengan bantuan lontar.

Evolusi akuntansi datang bersamaan dengan ditemukannya sistem entri ganda oleh pedagang Venesia yang merupakan pedagang terkenal dan berpengalaman saat itu. Entri ganda adalah pencatatan semua transaksi dalam dua aspek yaitu “debit dan kredit” yang orientasinya selalu dalam keadaan seimbang.

Penemu Sistem Akuntansi Pembukuan Debit Kredit

Lalu siapa tokoh pertama yang menemukan konsep akuntansi pembukuan debit kredit? Jawabannya adalah Luca Pacioli. Bruder Luca, demikian ia biasa dipanggil, berasal dari Prancis dan merupakan guru matematika Leonardo da Vinci.

Baca juga:   Training Accurate Bali

Meskipun ia disebut sebagai “Bapak Akuntansi”, Bruder Luca sebenarnya tidak menciptakan sistem yang disebut akuntansi. Dia hanya menggambarkan metode yang digunakan pedagang di Venesia selama zaman Renaissance Italia. Sistemnya mencakup banyak siklus akuntansi seperti yang kita kenal sekarang.

Apa Judul Buku Luca Pacioli tentang Akuntansi?

Dalam bukunya, Pacioli berbicara tentang pendahulu sistem double entry yang masih dipelajari di bidang akuntansi, yaitu bookkeeping. Selain itu, Pacioli juga mengajarkan tentang sistem debit dan kredit, dimana nominal debit yang tertulis di sebelah kiri harus sama dengan nilai nominal yang tertulis di sebelah kanan yakni kredit. Jika jumlah di sisi debet sama dengan jumlah di kredit, maka buku besar baru dapat dikatakan seimbang.

Baca juga:   Training Accurate Online Store Taman Palem

Uraian ini tertuang dalam bukunya yang berjudul “SUMMA DE ARITHMATICA, GEOMETRICA PROPORTIONI ET PROPORTIONALITA” atau dalam Bahasa Inggris berarti “Review of Arithmetic, Geometry, Ratio and Proportion”. Bagian akuntansi buku ini disebut TRACTACUS DE COMPUTIS ET SCRIPTORIA.

Buku ini kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat mulai abad ke-15 dan kemudian disempurnakan lagi oleh para ahli akuntansi, sehingga muncul beberapa sistem akuntansi yang masih berhubungan dengan metode yang digunakan oleh Luca Pacioli. Misalnya, dia menjelaskan penggunaan jurnal dan akuntansi, dan juga memperingatkan agar tidak tidur di malam hari kecuali dia sudah menyamakan antara debit dan kredit.

Demikian informasi mengenai tokoh penemu konsep debit kredit yang hingga saat ini masih digunakan.

Baca juga:   Formulir EFIN : Contoh Pengisian EFIN Badan & Pribadi
Pembelian Software ACCURATE dan training ACCURATE bisa langsung pesan di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.
  • Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)
  • Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)
  • Bandung 0822 1999 7228 (Bara)
  • Semarang 0821 3000 7228 (Samara)
Hallo senang bisa membantu permasalahan Sistem Accurate Anda, jangan sungkan untuk bertanya dan mencari solusinya di kami..