Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan.

Suatu perusahaan sebaiknya memiliki rencana atau planning pada system keuangannya. Hal ini biasa disebut dengan nama Budgeting atau Penganggarangan. Pengertian dari Anggaran adalah suatu proses perencanaan yang di susun secara sistematis pada kegiatan suatu perusahaan untuk periode yang akan datang.

Tujuan dari penyusunan anggaran adalah agar Keuangan Perusahaan memiliki suatu harapan yang positif bagi perkembangan / keuntungan (profit) pada perusahaan tersebut. Selain itu, tujuan lain dari sebuah penyusunan anggaran adalah sebagai tolok ukur pengendalian arus keuangan agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan (Rugi) pada Perusahaan.

Dalam penyusunan anggaran biasanya diambil dari Laporan-laporan atau transaksi transaksi yang sudah terjadi atau terhitung pada periode periode sebelumnya. Sebagai dasar yang sudah dialami, data data yang terjadi pada waktu lalu mampu menjadi sebuah penilaian agar keuangan pada periode mendatang dapat lebih terkontrol dan bisa lebih baik dalam mencapai sebuah tujuan perusahaan.

Nah , pada accurate online terdapat menu atau fitur yang dapat membuat suatu anggaran untuk periode yang di tuju sebagai harapan keuangan perusahaan bisa lebih baik dari periode sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan.

  1. Pertama masuk ke menu buku besar, lalu pilih “ ANGGARAN”
Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan

2. Selanjutnya kita akan masuk ke form pembuatan anggaran. Kita pilih periode anggarannya dan kita bisa pilih tipe anggaran yang mau kita buat sebagai anggaran umum atau per departemen. Jika per departemen , kita diminta untuk memilih nama departemen yang akan dibuatkan anggaran pada periode yang sudah ditentukan.

 

3. Lalu kita pilih nama akun yang akan kita anggarkan dan jangan lupa input nominal anggaran dari akun tersebut.

4. Nah kalau sudah input akun-akun apa saja yang dianggarkan, jangan lupa untuk menyimpannya.

5. Pada akhir periode, kita dapat melihat laporan Laba / rugi perbandingan Anggarannya pada MENU LAPORAN , lalu pilih keuangan dan cari “ Laporan Laba / Rugi (Perbandingan Anggaran) “

6. Lalu pilih periode perbandingannya, dan tampilannya seperti berikut.

Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan 6
Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan

 

Pada laporan tersebut kita dapat mengukur dan membandingkan data yang terjadi pada periode tersebut dengan data anggaran yang sudah kita buat sebelumnya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat saya bagikan tentang Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan, semoga dapat membantu proses perencanaan keuangan anda.

Terimakasih.

Ghanis Nur Rafita – Szeto Consultants

Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita

Jakarta 0813 1234 7228 (Mas Jhonni)

Surabaya 0812 1234 7228 (Mas Erick)

Bandung 0812 8561 2402 (Mas Roni)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

 

Baca juga

  1. Transaksi Berulang Accurate Online
  2. Stok Opname di Accurate Online
  3. Membuat Departemen di Accurate Online
  4. Piutang Karyawan di Accurate Online
  5. Alokasi Biaya ke Persediaan Accurate Online