fbpx

10 Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Bisnis

Bagikan artikel ini:

Dalam pengelolaan bisnis, Anda harus melakukan pencatatan transaksi keuangan untuk mengelola kesehatan keuangan perusahaan baik secara manual maupun dengan menggunakan bantuan aplikasi akuntansi. Aplikasi laporan keuangan berguna untuk mengelola berbagai jenis transaksi keuangan seperti pendapatan, pengeluaran, aset, kewajiban, dan ekuitas. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengelola keuangan perusahaan secara lebih akurat dan efektif. Pada artikel ini akan dijelaskan secara detail mengenai beberapa aplikasi laporan keuangan populer yang banyak digunakan oleh para pemilik bisnis.

1. Aplikasi Laporan Keuangan Kledo

Aplikasi Laporan Keuangan Kledo

Kledo adalah software akuntansi dan aplikasi laporan keuangan berbasis cloud buatan Indonesia. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan membuat laporan keuangan namun juga dapat diintegrasi dengan aplikasi bisnis lainnya seperti platform e-commerce, layanan pembayaran online, dan sistem POS. . Kledo tidak hanya mudah bagi orang yang awam tentang dunia akuntansi namun juga memberikan uji coba gratis selama 14 hari bagi yang berminat. Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan oleh Kledo:

  • Invoice: mencatat pesanan, mengelola pembayaran, dan mengirim faktur kepada pelanggan.
  • Purchasing: melacak pesanan yang sedang diproses, mengelola pemasok, dan melacak status pengiriman produk.
  • Biaya: memudahkan pencatatan biaya, mengkategorikan pengeluaran, dan melihat laporan pengeluaran secara rinci.
  • Aset tetap: mempermudah pelacakan nilai aset tetap, mengelola depresiasi, dan melihat laporan aset secara real-time.
  • Inventori: melakukan stock opname, mengelola stok multi-gudang, dan melacak pergerakan stok secara akurat.
  • Laporan: terdiri dari lebih dari 50 template laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, laporan penjualan, dan banyak lagi.
  • Manufaktur: fitur khusus untuk melacak produksi, mengelola bahan baku, dan melihat laporan produksi.

2. Aplikasi Laporan Keuangan Xero

Aplikasi Laporan Keuangan Xero

Xero merupakan aplikasi keuangan yang memberikan solusi komprehensif bagi usaha kecil dan menengah untuk mengelola keuangannya. Aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi dan layanan pihak ketiga, seperti payment gateway, sistem manajemen inventaris, dan alat CRM sehingga dapat memberikan solusi bisnis yang lengkap. Rangkaian fitur Xero yang komprehensif memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan antara lain yaitu membantu mengelola keuangan secara efisien dan efektif, menghemat waktu, dan meningkatkan kinerja keuangan. Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan oleh Xero:

  • Melacak pendapatan dan pengeluaran untuk mencatat setiap transaksi
  • Ekspor file untuk berbagi catatan transaksi secara massal
  • Pelaporan dan dasbor untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti mengenai data keuangan
  • Payroll untuk memproses pembayaran karyawan dengan tetap mematuhi norma perusahaan dan peraturan lainnya
Baca juga:   NPWP Online: Cara Daftar Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi & Badan

3. Aplikasi Laporan Keuangan Wave

Aplikasi Laporan Keuangan Wave

Wave adalah aplikasi akuntansi dan laporan keuangan untuk membantu bisnis kecil mengelola keuangan mereka, termasuk pembuatan faktur, pelacakan pengeluaran, akuntansi penggajian, dan pelaporan. Aplikasi ini juga menyediakan panggilan 1:1 dengan pakar akuntansi dan pembukuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil sehingga memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Anda juga dapat menggunakan alat pembuatan laporan keuangan dan perbankan Wave secara bersamaan atau terpisah untuk kontrol maksimal atas keuangan bisnis Anda secara gratis. Berikut ini fitur-fitur yang dimiliki oleh Waze

  • Faktur memungkinkan tim Anda membuat dan mengunggah faktur lebih cepat
  • Pembayaran membantu memproses transaksi yang dilakukan melalui kartu kredit online dan pembayaran bank.
  • Fitur akuntansi mengawasi penghasilan dan pengeluaran Anda
  • Payroll memungkinkan Anda membayar diri sendiri, tim Anda, dan orang lain secara instan

4. Aplikasi Laporan Keuangan NetSuite

Aplikasi Laporan Keuangan NetSuite

NetSuite adalah aplikasi untuk mencatat transaksi, mengelola hutang dan piutang, penghitungan pajak, dan menutup pembukuan. Aplikasi ini membantu perusahaan melaporkan transaksi keuangan tepat waktu dan memberi eksekutif kendali lebih besar atas aset keuangannya. Netsuite menyediakan akses real-time ke data keuangan sehingga dapat melakukan penelusuran data secara cepat dan spesifik. Aplikasi ini juga menawarkan dukungan multi-mata uang, sehingga memudahkan perusahaan yang beroperasi di berbagai negara mengelola keuangannya. Selain itu, NetSuite juga memiliki fitur lain antara lain yaitu:

  • Buku Besar: membantu akuntan menyesuaikan jenis akun, transaksi, dan segmen pelaporan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis tertentu.
  • Kas: memungkinkan tim keuangan memiliki visibilitas lengkap arus kas perusahaan.
  • Aset Tetap: memungkinkan perusahaan mengelola dan mengawasi masa pakai aset yang terdepresiasi dan tidak terdepresiasi, mulai dari penciptaan hingga pelepasan.
  • Manajemen Pajak: memberdayakan bisnis untuk mengelola pajak domestik dan internasional dengan bantuan solusi tunggal yang mudah digunakan.

5. Aplikasi Laporan Keuangan QuickBooks

Aplikasi Laporan Keuangan QuickBooks

QuickBooks merupakan software persiapan keuangan dan pajak yang tersedia dalam versi desktop dan cloud untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis bisnis. QuickBooks memiliki antarmuka intuitif yang memudahkan non-akuntan dalam mengelola keuangan mereka serta memberikan uji coba gratis selama 30 hari. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur bagi bisnis untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik, diantaranya yaitu:

  • Laporan dan wawasan mencakup perencanaan arus kas, profitabilitas proyek, laporan, dan transaksi tag
  • Pelacakan real time melibatkan inventaris, pelacakan jarak tempuh, e-niaga, waktu masuk, dan pengambilan tanda terima
  • Money in yang memberikan wawasan tentang pendanaan bisnis, pendapatan, pembayaran, faktur, dan perkiraan
  • Money out yang mengelola tagihan, pengeluaran, pajak penjualan, dan pembayaran vendor
Baca juga:   Moka Back Office : Memahami Dasar-dasar Back Office Moka

6. Aplikasi Laporan Keuangan Zoho Books

Zoho Books dirancang untuk mengelola keuangan usaha kecil atau menengah. Aplikasi dapat digunakan untuk mengelola akuntansi inti, rekonsiliasi bank, pelacakan stok, perhitungan pajak, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Zoho Books dapat diintegrasikan dengan aplikasi Zoho lain dan aplikasi pihak ketiga seperti PayPal dan Stripe. Selain uji coba gratis, berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan Zoho Books:

  • Portal pelanggan: memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran dalam jumlah besar, berbagi transaksi terkini, mempercepat proses persetujuan perkiraan, mengumpulkan umpan balik pelanggan, dan banyak lagi.
  • Manajemen proyek: membantu pelanggan memaksimalkan jam kerja yang dapat ditagih. Anda dapat menggunakan widget pengatur waktu untuk melacak waktu pada suatu proyek atau membuat catatan harian waktu harian atau mingguan.
  • Aplikasi seluler memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan aplikasi iOS dan Android untuk mengelola akuntansi saat bepergian.

7. Aplikasi Laporan Keuangan FreshBooks

FreshBooks adalah software akuntansi cloud untuk usaha kecil yang sedang berkembang dan wiraswasta profesional. Aplikasi ini memberikan kemampuan akuntansi dan pembukuan yang komprehensif serta mudah digunakan sehingga dapat membantu mengelola keuangan dengan lebih efisien dan efektif. Bagi Anda yang berminat, aplikasi ini menyediakan opsi uji coba gratis selama 30 hari. Selain itu FreshBook juga memiliki berbagai macam template dan menyediakan berbagai fitur antara lain yaitu: 

  • Layanan pembukuan ahli untuk membantu persiapan perhitungan pajak dan menjaga kepatuhan bisnis.
  • Alur kerja otomatis untuk mengelola operasi keuangan dengan mudah sekaligus mengurangi pekerjaan manual.
  • Pengingat pembayaran otomatis untuk mengingatkan klien atas pembayaran yang tertunda.
  • Opsi pembayaran online untuk mempermudah transaksi dan memungkinkan bisnis menerima pembayaran lebih cepat dan mudah.
  • Pelacakan pengeluaran untuk memudahkan pengkategorian pengeluaran dan mempersiapkan musim pajak.
Baca juga:   Leasing adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Kelebihannya

8. Aplikasi Laporan Keuangan Sage Intacct

Sage Intacct merupakan aplikasi yang dapat mengotomatiskan dan menyederhanakan operasi keuangan perusahaan, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan produktivitas kinerja bisnis. Dari pembelian hingga pelaporan, aplikasi ini dapat mengelola beberapa proses yang terlibat dalam pemeliharaan dan penutupan pembukuan keuangan perusahaan. Berikut ini beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Sage Intacct:

  • Fitur otomatisasi seperti entri jurnal otomatis, rekonsiliasi bank, dan transaksi antar perusahaan untuk mengurangi kesalahan dan meningkatkan efisiensi bisnis. 
  • Pelaporan dan analitik yang membantu analisa dan membuat laporan keuangan maupun pelaporan khusus sehingga memungkinkan bisnis mendapatkan wawasan tentang kinerja keuangan mereka dan membuat keputusan berdasarkan data.
  • Platform fungsional menawarkan penyesuaian, manajemen pengguna, peran, dan akses, kinerja & keandalan, dan pembuatan dokumen keluaran.
  • Integrasi membantu perusahaan mengimpor dan mengekspor data dari perangkat lunak yang terhubung.

9. Aplikasi Laporan Keuangan SAP Business One

SAP Business One merupakan aplikasi keuangan yang dapat menyederhanakan proses dan alur kerja dari berbagai departemen dan fungsi, mulai dari keuangan dan akuntansi, manajemen penjualan dan pelanggan, manajemen pengadaan dan inventaris, hingga pelaporan dan analitik. Fitur-fitur yang ditawarkan SAP Business One antara lain yaitu:

  • Kontrol Pembelian dan Inventaris untuk mengelola seluruh siklus pemesanan hingga pembayaran, termasuk penerimaan, faktur, pengembalian, dan pembayaran, untuk mengoptimalkan prosedur pembelian dan menjaga biaya tetap terkendali.
  • Intelijen bisnis menggunakan alat analisis dan pelaporan untuk menghasilkan laporan yang akurat dan tepat waktu berdasarkan data seluruh perusahaan.
  • Mobilitas memungkinkan akses cepat terhadap informasi paling relevan untuk membantu Anda menjalankan bisnis Anda dari mana saja, kapan saja, dengan aplikasi seluler SAP Business One.
  • In-memory platform yang mengoptimalkan pengambilan keputusan di seluruh organisasi Anda dengan platform dalam memori.

10. Aplikasi Laporan Keuangan Acumatica

Acumatica merupakan software yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola keuangan mereka. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi dan layanan lain, seperti payment gateway, sistem manajemen persediaan, dan alat CRM untuk memberikan solusi bisnis yang lengkap. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah fleksibilitas dan skalabilitasnya yang memungkinkan Anda menyesuaikan aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan menambah atau menghapus modul seiring perubahan kebutuhan Anda. Dasbor Acumatica yang dapat disesuaikan memungkinkan Anda melihat dan menganalisis indikator kinerja utama (KPI) secara real-time sehingga memberikan wawasan tentang kesehatan keuangan dan kinerja keseluruhan bisnis. Berikut ini beberapa fitur dari Acumatica:

  • Buku Besar Umum mencakup entri jurnal dan jejak audit.
  • Piutang memfasilitasi penyesuaian faktur dan otomatisasi AR.
  • Hutang usaha melibatkan pemrosesan pembayaran pesanan pembelian.
  • Manajemen perpajakan memastikan pembayaran pajak tepat waktu sekaligus membuktikan kepatuhan.

Author :

Artikel Terkait

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.