Apa itu ANBK? Pengertian dan Soal ANBK

Apa itu ANBK? Pengertian dan Soal ANBK

Apa itu ANBK? Pengertian dan Soal ANBK

Apa itu ANBK

Apa itu ANBK? Meski belum resmi dilaksanakan, para guru dari sejumlah sekolah optimistis UN akan berjalan efektif dan lebih baik dari Ujian Nasional (UN). ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Seperti dikutip dari situs Kemdikbud Ristek, ANBK merupakan evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. ANBK akan dilaksanakan secara semi online atau online.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

ANBK online dilakukan dengan harus memiliki akses internet yang stabil untuk komputer klien dan harus memiliki komputer pengawas untuk membuka token. Sedangkan untuk ANBK semi online, komputer klien tidak memiliki akses internet langsung. Komputer klien akan terhubung ke komputer pengawas yang memiliki akses internet.

Lalu apa sebenarnya Asesmen Nasional itu?

Pengertian ANBK

ANBK adlah program untuk menilai kualitas setiap sekolah, madrasah dan program pemerataan di tingkat dasar dan menengah. Sedangkan untuk Asesmen Nasional, kualitas satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar dasar siswa (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Selanjutnya akan ada tiga instrumen penilaian dalam Asesmen Nasional, yaitu:

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif
  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

    AKM akan diikuti oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan berhitung sebagai hasil belajar kognitif.

  2. Survei Karakter

    Survei Karakter akan diikuti oleh siswa dan guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai sebagai hasil belajar nonkognitif.

  3. Survei Lingkungan Studi

    Kepala satuan pendidikan akan ditindaklanjuti untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang mendukung pembelajaran.

Perlu diketahui bahwa Penilaian Nasional tidak sama dengan Ujian Nasional (UN) baik dari segi fungsi maupun substansinya. Asesmen Nasional ini juga bukan merupakan sistem evaluasi bagi siswa secara individu, karena menilai kompetensi siswa merupakan tanggung jawab guru dan sekolah.

Soal-Soal ANBK

Dikutip dari laman Kemdikbud, nantinya Asesmen Nasional akan memuat soal-soal berupa:

  • Pilihan ganda
  • Pilihan Ganda Kompleks
  • Penjaruman
  • Entri singkat
  • Keterangan.

Bagi yang ingin mempelajari soal-soal AKM bisa praktek di laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/ayoakm/

Kemendikbud menyediakan aplikasi Kelas AKM yang diperuntukan bagi tenaga kependidikan yang membutuhkan kumpulan soal yang sudah jadi. Kelas AKM tidak akan menjadi bagian dari sistem evaluasi satuan pendidikan.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Apa itu ANBK? Pengertian dan Soal ANBK