Apa Itu SNBP dan SNBT? Ternyata Ganti SBMPTN dan SNMPTN

Apa Itu SNBP dan SNBT? Ternyata Ganti SBMPTN dan SNMPTN

Apa Itu SNBP dan SNBT? Ternyata Ganti SBMPTN dan SNMPTN

Apa Itu SNBP dan SNBT Ternyata Ganti SBMPT dan SMPTN

Apakah SNMPTN dan SBMPTN ganti nama? Ya, sangat benar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi mengubah nama seleksi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari tahun 2023 menjadi SNBP dan SNBT. Hingga tahun 2022, Anda mungkin masih familiar dengan yang namanya SNMPTN dan SBMPTN. Namun, mulai tahun depan, nama tersebut sudah tidak digunakan lagi. Jadi berubah nama menjadi apa?

Berdasarkan Permendikbud No. 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana, telah diberlakukan masa seleksi baru untuk masuk PTS. Dalam Permendikbud tertulis bahwa penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan dengan 3 skema, yaitu:

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) -> dulu SNMPTN
  • Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) -> sebelumnya SBMPTN
  • Pilihan independen dari PTN

Mengenal Apa Itu SNBP dan SNBT

Untuk lebih memahami istilah-istilah baru ini, mari kita bahas apa itu SNBP dan SBNT, serta perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN sebelumnya.

SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Ini adalah proses seleksi berdasarkan rapor, portofolio, dan prestasi lainnya. Proses seleksi ini sebelumnya dikenal dengan SNMPTN.

Baca juga:   5 Ide Bisnis Menjelang Idul Adha

SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)

Sedangkan SNBT adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Ujian, yaitu seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil penilaian ujian sekolah yang terkomputerisasi. Proses seleksi ini sebelumnya dikenal dengan SBMPTN. Materi yang akan diujikan pada SNBT adalah tes studi saja, yang terdiri dari empat sub tes, yaitu Tes Kemampuan Kognitif, Tes Penalaran Matematika, Tes Literasi Bahasa Indonesia, dan Tes Literasi Bahasa Inggris.

Selain kedua jalur seleksi masuk PTN tersebut, terdapat jalur seleksi masuk PTN mandiri yang aturannya ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Perbedaan SNBP dengan SNMPTN

SNBP adalah tes berbasis prestasi. Prestasi tersebut dapat berupa prestasi akademik dan/atau nonakademik. Pada SNMPTN sebelumnya, seleksi dilakukan dengan melihat nilai-nilai kelompok ilmu yang dipelajari di jenjang SMA.

Berbeda dengan SNMPTN sebelumnya, SNBP akan mempertimbangkan capaian berdasarkan dua komponen penilaian, yaitu:

1. Minimal 50% dari total nilai rapor

Komponen penilaian yang pertama adalah rata-rata rapor semua mata pelajaran, yaitu minimal 50% dari bobot penilaian.

2. Maksimal 50% komponen minat dan bakat

Apa yang dimaksud dengan komponen penelitian minat dan bakat? Dengan demikian, komponen kedua ini akan menghitung raport paling banyak dua mata pelajaran untuk kurikulum, portofolio dan/atau prestasi lainnya yang dituju dengan bobot maksimal 50% dari nilai.

Persentase komposisi komponen pertama dan kedua di atas bisa diatur oleh masing-masing PTN sebesar 100%. Selain itu, pencapaian yang termasuk dalam komponen kedua juga ditentukan oleh masing-masing TCP. Sedangkan portofolio fokus pada kurikulum Seni dan Olahraga, sama seperti SNMPTN sebelumnya.

Baca juga:   Diversifikasi adalah Pengertian, Contoh dan Strateginya!

Perbedaan SNBT dengan SBMPTN

SNBT adalah tes yang diselenggarakan dengan menggunakan tes komputerisasi standar. Perbedaan terbesar antara SNBT dengan SBMPTN adalah tidak adanya mata pelajaran atau yang dulu disebut TKA.

SNBT hanya akan melakukan satu tes yaitu Tes Skolastik yang terdiri dari kemampuan kognitif, penalaran matematis, literasi bahasa Indonesia dan literasi bahasa Inggris.

Menariknya guys, SNBT bisa diadakan beberapa kali dalam setahun dan setiap pelamar bisa mengambil maksimal 2 SNBT. Selain itu, di SNBT, Anda juga dapat menambahkan persyaratan portofolio untuk program pendidikan seni dan olahraga.

Daya Tampung SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri

Lalu bagaimana dengan kapasitas? Apa berubah juga? Oke, selanjutnya kita bahas kapasitas. Berdasarkan Permendikbud, kuota kapasitas SNBP untuk setiap program studi di PTN ditetapkan minimal 20%. Namun jika kuota atau kapasitas di SNBP tidak terpenuhi, maka kapasitas tersebut dapat dialihkan ke SNBT.

Daya tampung SNBT untuk setiap program studi di PTN selain PTN Badan Hukum (PTN-BH) ditetapkan minimal 40%. Sementara itu, tingkat okupansi program pendidikan di PTS berbadan hukum ditetapkan minimal 30%. Jika kapasitas SNBT tidak tercapai, dapat ditransfer ke seleksi mandiri PTN. Sedangkan kuota maksimal Seleksi Mandiri PTN ditetapkan sebesar 30% untuk PTN, sedangkan PTN-BH memiliki kuota maksimal 50%.

Peraturan Jadwal SNBT, SNBP dan Seleksi Mandiri

Tidak ada jadwal khusus untuk pelaksanaan seleksi penerimaan TCP pada tahun 2023. Tapi di Permendikbud kita bisa melihat nilainya.

1. Peraturan Jadwal SNBP

Pelaksanaan dan pengumuman hasil SNBP dilakukan sebelum pelaksanaan SNBT. Seperti SNMPTN sebelumnya, proses seleksi ini akan dilakukan terlebih dahulu sebelum proses seleksi lainnya. Seleksi ini akan dimulai dari pendaftaran hingga seleksi prestasi.

Baca juga:   Cek Rekening id, Cara Cek Nomor Rekening Penipu atau Bukan

2. Ketentuan Jadwal SNBT

Pelaksanaan SBNT dilaksanakan pada semester terakhir tahun ajaran berjalan, sebelum pengumuman berakhirnya pendidikan menengah dan sebelum pengumuman berakhirnya pendidikan menengah. Seleksi akan dimulai dengan pendaftaran sebelum pelaksanaan tes. Pengumuman hasil seleksi SNBT dilakukan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah.

3. Peraturan tentang jadwal seleksi mandiri

Seleksi PTN Mandiri merupakan seleksi terakhir yang dilakukan. Seleksi independen dilakukan setelah pengumuman SNBT. Pengumuman hasil Seleksi Mandiri paling lambat akhir Juli. Jika kuota kapasitas belum tercapai hingga saat ini, PTN dapat memperpanjang gelombang seleksi mandiri hingga 15 Agustus.

BP3 Sebagai Operator Pengganti Resmi Untuk LTMPT

Perubahan besar lainnya yang harus Anda ketahui adalah bahwa BP3 secara resmi menerapkan toleransi PTN baru mulai tahun ini. BP3 menggantikan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh LTMPT guys.

Untuk tetap up to date dengan informasi terbaru, Anda dapat mengikuti berbagai jejaring sosial resmi Seleksi Nasional Penerimaan Siswa Baru (SNPMB) BP3 di bawah ini:

SNPMB BP3 di Instagram: @snpmb.bp3
SNPMB BP3 Twitter: @snpmb.bp3
Tiktok SNPMB BP3: @snpmb.bp3
Facebook SNPMB BP3: snpmb.bp3
YouTube SNPMB BP3: snpmb-bppp

Bagaimana dengan kalian, semoga kalian mengerti apa itu SNBT dan SNBP, syarat dan perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN sebelumnya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat langsung mengunjungi jejaring sosial resmi BP3 tersebut.

Bagikan ke:

Facebook
WhatsApp
Twitter
Telegram

Apa Itu SNBP dan SNBT? Ternyata Ganti SBMPTN dan SNMPTN