X

COGS adalah dan Bedanya dengan COGM

COGS adalah


Dalam dunia perdagangan istilah COGS bukan suatu istilah yang tabuh, namun sebagian orang yang mungkin baru dengar dengan istilah tersebut akan bertanya-tanya apa itu COGS? Kami sebagai konsultan training accurate coba membantu Anda dalam memahami lebih mendalam apa yang dimaksud dengan COGS dalam dunia akuntansi, laporan keuangan hingga perpajakan.

COGS adalah

COGS (Cost of Goods Sold) adalah istilah yang bermakna sama dengan Harga Pokok Penjualan (HPP) yang digunakan untuk menggambarkan total biaya langsung yang dikeluarkan oleh perusahaan sebagai akibat dari produksi dan penjualan barang dan/atau jasa dalam menjalankan kegiatan usaha selama suatu periode.

Apa Saja Komponen COGS?

Sebelum menentukan laporan COGS ada beberapa komponen yang harus Anda ketahui, termasuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead, dan tidak termasuk biaya berulang (operasional) seperti penjualan, iklan, atau penelitian dan pengembangan, berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Biaya bahan baku

    Bahan baku merupakan dasar untuk pembuatan produk jadi. Bahan yang digunakan untuk memproduksi barang tersebut diperoleh dari pembelian lokal, impor atau kebutuhan sendiri.

  2. Biaya tenaga kerja

    Biaya tenaga kerja dibagi 2 yaitu biaya tenaga kerja langsung dan biaya tenaga kerja tidak langsung.
    – Biaya tenaga kerja langsung adalah biaya tenaga kerja yang dikeluarkan secara langsung untuk operasi atau proses tertentu yang diperlukan untuk membuat produk perusahaan.
    – Biaya tenaga kerja tidak langsung adalah semua biaya tenaga kerja yang secara tidak langsung terlibat dalam proses produksi. Dengan demikian, dapat ditentukan bahwa tenaga kerja tidak secara khusus terlibat dalam suatu operasi atau proses produksi tertentu. Biaya ini termasuk dalam biaya overhead.

  3. Biaya overhead

    Biaya overhead adalah semua biaya lain yang dikeluarkan dalam pembuatan suatu produk. Semua biaya produksi, kecuali biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung, terdiri dari 3 kelompok biaya.

    Ketiga kelompok biaya tersebut terdiri dari biaya bahan tidak langsung, biaya tenaga kerja tidak langsung, dan biaya produksi tidak langsung lainnya seperti air, listrik, telepon, asuransi, pajak, pemeliharaan, depresiasi, dan sebagainya.

  4. Pembelian bersih

    Pembelian dilakukan oleh perusahaan, baik itu pembelian barang oleh perusahaan atau pinjaman tunai, ditambah biaya pengiriman pembelian, yang kemudian dihitung dengan diskon pembelian atau pengembalian.

  5. Stok awal barang

    Stok barang awal adalah persediaan barang di tangan pada awal periode tertentu atau satu tahun fiskal/jurnal berjalan. Neraca perdagangan awal perusahaan tercermin dalam neraca transaksi berjalan atau dalam laporan tahun sebelumnya.

  6. Stok barang akhir

    Pengiriman barang akhir adalah persediaan barang pada akhir periode berjalan atau tahun fiskal. Saldo akhir dari cadangan perusahaan akan diketahui dari data yang disetujui oleh perusahaan pada akhir periode.

Bagaimana Cara Menentukan Rumus COGS

Rumus COGS adalah angka dalam laporan laba rugi sebagai komponen utama dari biaya operasional. Biaya juga disebut biaya penjualan. Untuk perusahaan dagang, cara menghitung harga pokok penjualan atau COGS adalah sebagai berikut:

Harga Pokok Penjualan (HPP) = stok awal + pembelian bersih – stok akhir

Tabel ini akan memudahkan untuk memahami konsep harga pokok penjualan.

Persediaan awal —————————- Rp 100.000,-
Pembelian bersih ————————— RP 400.000, –
=> Barang Dijual ——————– RP 500.000, –

Dikurangi nilai barang yang dijual —————— (Rp 300.000,-)
=> Persediaan Akhir ——————– Rp 200.000, –

Perbedaan COGS vs COGM

Ternyata selain COGS ada juga istilah yang hampir sama yakni COGM atau Cost of Goods Manufacturing, buat Anda yang belum tahu apa perbedaan antara COGS vs COGM? inilah perbedaannya.

Jika COGS adalah total biaya langsung yang dikeluarkan oleh perusahaan dari hasil produksi dan penjualan barang dan/atau jasa dalam menjalankan kegiatan usaha selama suatu periode. Maka COGM adalah perhitungan harga pokok barang jadi per unit output, yang terdiri dari unsur-unsur persediaan awal barang yang belum jadi, ditambah biaya produksi pada periode berjalan dikurangi persediaan akhir barang yang belum jadi. Masih belum paham? Mari simak penjelasan bedanya COGS vs COGM dalam video di bawah ini.

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)

Bandung 0822 1999 7228 (Bella)

Semarang 0821 3000 7228 (Samara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC