Economic Order Quantity (EOQ) Dalam Manajemen Persediaan

Economic Order Quantity (EOQ) Dalam Manajemen Persediaan

Economic Order Quantity (EOQ) Dalam Manajemen Persediaan

Economic Order Quantity atau Kuantitas pesanan ekonomis (EOQ) mengacu pada jumlah pesanan ideal yang harus dibeli perusahaan untuk meminimalkan biaya persediaannya, seperti biaya penyimpanan, biaya kekurangan, dan biaya pemesanan. EOQ perlu digunakan dalam manajemen inventaris, yang merupakan pengawasan pemesanan, penyimpanan, dan penggunaan inventaris perusahaan. Manajemen inventaris bertugas menghitung jumlah unit yang harus ditambahkan perusahaan ke inventarisnya dengan setiap pesanan batch untuk mengurangi total biaya inventarisnya.

Model EOQ berusaha untuk memastikan bahwa jumlah persediaan yang dipesan per batch yang tepat sehingga perusahaan tidak perlu membuat pesanan terlalu sering dan tidak ada kelebihan persediaan yang ada di tangan. Diasumsikan bahwa ada trade-off antara biaya penyimpanan persediaan dan biaya pengaturan persediaan, dan total biaya persediaan diminimalkan ketika biaya pengaturan dan biaya penyimpanan diminimalkan.

Rumus Economic Order Quantity

Rumus EOQ
Rumus EOQ

Di mana:
S=Biaya penyiapan (per pesanan, umumnya termasuk
pengiriman dan penanganan)
D = Tingkat permintaan (jumlah yang terjual per tahun)
H = Biaya penyimpanan (per tahun, per unit)
saya

Cara Menghitung Kuantitas Pesanan Ekonomi

Untuk menghitung EOQ untuk persediaan Anda harus mengetahui biaya setup, tingkat permintaan, dan biaya penyimpanan.

Biaya pengaturan mengacu pada semua biaya yang terkait dengan pemesanan persediaan yang sebenarnya, seperti biaya pengemasan, pengiriman, pengiriman, dan penanganan. Tingkat permintaan adalah jumlah persediaan yang dijual perusahaan setiap tahun.

Biaya penyimpanan mengacu pada semua biaya yang terkait dengan penyimpanan persediaan tambahan. Biaya tersebut meliputi biaya pergudangan dan logistik, biaya asuransi, biaya penanganan material, penghapusan persediaan, dan penyusutan.

Memesan persediaan dalam jumlah besar meningkatkan biaya penyimpanan perusahaan sementara memesan persediaan dalam jumlah kecil lebih sering meningkatkan biaya penyiapan perusahaan. Model EOQ menemukan kuantitas yang meminimalkan kedua jenis biaya.

Baca juga:   Training Accurate Bali

Contoh Economic Order Quantity

EOQ mempertimbangkan waktu pemesanan ulang, biaya yang dikeluarkan untuk memesan, dan biaya untuk menyimpan barang dagangan. Jika sebuah perusahaan terus-menerus menempatkan pesanan kecil untuk mempertahankan tingkat persediaan tertentu, biaya pemesanan lebih tinggi, bersama dengan kebutuhan ruang penyimpanan tambahan.

Misalnya, pertimbangkan toko pakaian eceran yang menjual sederet kemeja pria. Toko tersebut menjual 1.000 kemeja setiap tahun. Perusahaan mengeluarkan biaya $5 per tahun untuk menyimpan satu kemeja dalam persediaan, dan biaya tetap untuk memesan adalah $2.

Rumus EOQ adalah akar kuadrat dari (2 x 1.000 kemeja x $2 biaya pemesanan) / ($5 biaya penyimpanan), atau 28,3 dengan pembulatan. Ukuran pesanan yang ideal untuk meminimalkan biaya dan memenuhi permintaan pelanggan adalah sedikit lebih dari 28 kemeja.

Kerugian Menggunakan Economic Order Quantity

Dasar rumus EOQ mengasumsikan bahwa permintaan konsumen adalah konstan. Perhitungan juga mengasumsikan bahwa biaya pemesanan dan penyimpanan tetap konstan. Asumsi ini mempersulit, jika bukan tidak mungkin, untuk memperhitungkan peristiwa bisnis yang tidak terduga, seperti perubahan permintaan konsumen, perubahan musiman dalam biaya persediaan, kehilangan pendapatan penjualan karena kekurangan persediaan, atau diskon pembelian yang mungkin diperoleh perusahaan untuk membeli persediaan dalam jumlah yang lebih besar. .

Baca juga:   Buku Stok Barang Adalah? Berikut Ini Penjelasannya!

Apa Kuantitas Pesanan Ekonomi?

Kuantitas pesanan ekonomis (EOQ) adalah jumlah barang ideal yang secara teoritis harus dibeli oleh perusahaan yang meminimalkan biaya persediaannya.

Apa Asumsi Dasar Model EOQ?

EOQ mengasumsikan bahwa biaya permintaan, pemesanan, dan penyimpanan semuanya tetap konstan sepanjang waktu.

Apa Keterbatasan Model EOQ?

Kritikus berpendapat bahwa asumsi permintaan konstan dan tingkat biaya tetap adalah batasan model EOQ. Perubahan musiman dalam permintaan, misalnya, diketahui terjadi pada banyak bisnis, dan biaya dapat bervariasi dari waktu ke waktu.

Sumber:
EOQ Model in Inventory Management (investopedia.com)

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Aditia Novit
Aditia Novit
Ingin banyak belajar dan berbagi ilmu pengetahuan dan tutorial seputar akuntansi dan bisnis untuk Anda.