Laporan Keuangan Penting Accurate

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Laporan Keuangan Penting Accurate

Laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukkan kondisi finansial suatu entitas pada satu periode tertentu. Karena melalui laporan keuangan, kita dapat memantau perkembangan bisnis. Laporan keuangan ini dimaksudkan sebagai laporan pertanggungjawaban manager kepada para pihak yang berkepentingan seperti investor, kreditor, pemerintah bahkan masyarakat umum. Pihak-pihak tersebut membutuhkan informasi menyangkut kinerja perusahaan setiap periode nya, posisi keuangan terkait penggunaan dana, pemerolehan dana, serta aliran masuk dan  keluar kas perusahaan.

Tahukah kamu ada berapa format laporan keuangan? Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, laporan keuangan lengkap terdiri dari 5 jenis laporan. Namun pada artikel kali ini, kita akan bahas 4 format laporan keuangan yang seringkali digunakan oleh perusahaan.

Empat (4) format laporan keuangan yang sering digunakan terdiri dari berikut:

  1. Laporan laba rugi
  2. Laporan perubahan modal
  3. Laporan neraca
  4. Laporan arus kas.

Laporan Keuangan Penting Accurate

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau yang sering disebut dengan istilah income statement adalah laporan yang menyajikan perhitungan laba/rugi perusahaan selama 1 periode tertentu. Selain untuk mengetahui laba atau rugi, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan, bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Berikut contoh laporan laba rugi

Laporan Keuangan Penting di Accurate 1
Laporan Keuangan Penting di Accurate 1

 

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama satu periode. Dalam laporan ini perubahan modal, kita juga dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahannya saja. Bagi investor, laporan ini menjadikan mereka dapat mengetahui perubahan ekuitas, baik yang berupa penambahan setoran modal pemilik, pengambilan ekuitas ke pemilik, laba ditahan dan lain sebagainya.

Berikut adalah contoh laporan perubahan modal.

Laporan Keuangan Penting di Accurate 2
Laporan Keuangan Penting di Accurate 2

 

  • Laporan Neraca

Laporan neraca adalah laporan yang menyajikan informasi pada tanggal tertentu tentang aset yang dikuasai perusahaan dan sumber pendanaan terhadap aset tersebut baik yang berasal dari hutang maupun modal. Dalam laporan neraca, kita dapat melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lebih rinci. Sesuai dengan namanya, neraca terdiri dari 2 (dua) sisi, yaitu sisi kiri (debet) dan sisi kanan (kredit). Informasi tentang aset adanya di sebelah kiri, sedangkan informasi tentang kewajiban dan ekuitas ada di sebelah kanan.

Untuk contoh format laporan neraca adalah sebagai berikut:

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau yang sering disebut dengan cash flow statement adalah merupakan bentuk pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan. Laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang. Laporan arus kas dikelompokkan menjadi 3 kegiatan, yaitu kegiatan operasional, kegiatan investasi dan kegiatan pendanaan.

Berikut adalah contoh laporan arus kas:

 

 

Nah itulah jenis Laporan Keuangan Penting di Accurate, semoga artikel ini bisa membantu kalian ya

Ditulis oleh : Ronitua Napitupulu

Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Mas Jhonni)

Surabaya 0812 1234 7228 (Mas Erick)

Bandung 0812 8561 2402 (Mas Roni)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

 

Baca juga

  1. Komisi Salesman di Accurate Online
  2. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  3. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  4. Pencatatan Usaha Resto Accurate Online
  5. Kategori Harga Jual Accurate Online
  6. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  7. Transaksi Berulang Accurate Online
  8. Stok Opname di Accurate Online
  9. Membuat Departemen di Accurate Online
Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 13

Pembelian Aset Melalu PO di Accurate Online

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online Ada saatnya perusahaan itu untuk menambah aset tetap untuk menambah efisiensi dalam produksi perusahaan tersebut atau untuk oprasionalnnya mereka. Adakalanya tiap bagian harus mengajukan terlebih dahulu untuk pembelian asset tetap tersebut. Nah Accurate Online bisa mencatat itu semua.

Read More »
Hak Akses Accurate Online 3

Hak Akses Accurate Online

Hak Akses Accurate Online. Setiap user, tentunya punya hak akses yang berbeda-beda, dan tentunya ada bagian-bagian atau modul-modul tertentu yang hanya boleh dibuka oleh user khusus. Untuk hal itu, penting bagi Anda untuk mengatur hak akses masing-masing pada database Anda. Berikut adalah cara untuk pengaturannya:

Read More »
Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online

Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online

Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online. Sebagai salah satu aplikasi akuntansi terbaik saat ini di Indonesia, Accurate Online terus berupaya melakukan pengembangan untuk membantu dan mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Rekonsiliasi Bank secara otomatis adalah salah satunya, selain itu accurate online juga tersedia fitur

Read More »