fbpx

Daftar PCare BPJS: Cara Mudah Mengakses Layanan Kesehatan

Daftar PCare BPJS Cara Mudah Mengakses Layanan Kesehatan

Bagikan artikel ini:

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. Salah satu upayanya adalah melalui pengembangan Primary Care atau PCare BPJS Kesehatan.

Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang memudahkan pelayanan pasien, di mana faskes primer (Puskesmas) dapat mengakses data pasien melalui server BPJS. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pendaftaran, penegakan diagnosa, terapi pengobatan, dan pelayanan laboratorium.

Saat ini aplikasi ini masih belum tersedia untuk pengguna umum. Hanya fasilitas kesehatan yang telah terdaftar resmi di BPJS dan memiliki akses user dan password yang dapat menggunakannya.

Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan memiliki beberapa fitur, seperti informasi tagihan, panduan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan baik secara mandiri maupun melalui instansi, serta pencarian fasilitas kesehatan terdekat.

Dengan menggunakan aplikasi ini, peserta BPJS Kesehatan mendapatkan kemudahan dalam pendaftaran pasien yang lebih praktis, integrasi data pasien, proses diagnosa yang lebih cepat, dan proses rujukan yang lebih mudah.

Baca juga:   Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-masing Produk

Cara Mudah Daftar PCare BPJS Kesehatan

  1. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar PCare BPJS Kesehatan:
  2. Kunjungi situs resmi PCare BPJS Kesehatan di https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim atau Google Play Store untuk mengunduh aplikasi PCare.
  3. Buatlah username dan password. Jika sudah melakukan registrasi sebelumnya, Anda hanya perlu memasukkan username dan password yang sudah dibuat.
  4. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisi informasi mengenai pasien.
  5. Pilih menu pelayanan. Di dalam menu ini, Anda dapat memanfaatkan PCare untuk mendapatkan berbagai fasilitas dari BPJS Kesehatan.
  6. Pada menu pelayanan, terdapat dua pilihan yaitu pendaftaran dan pelayanan. Jika Anda merupakan pasien yang akan berobat, lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor BPJS peserta dan klik cari. Jika Anda adalah petugas faskes, identitas pasien akan muncul secara otomatis.
  7. Isi kolom-kolom yang kosong seperti jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan lain-lain.
  8. Klik simpan. Setelah itu, kembali ke entri data dan pilih pelayanan. Di bagian ini, lengkapi kolom-kolom yang kosong seperti terapi dan diagnosa, lalu klik simpan. Proses entri data untuk pasien
  9. BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) selesai.
  10. Selanjutnya, Anda dapat melihat data pasien yang berobat ke faskes tempat Anda bekerja, seperti kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, dan sepuluh penyakit terbanyak.
  11. Pada menu Tools, Anda dapat mengubah password Primary Care BPJS Kesehatan dan mengakses LUPIS BPJS untuk melihat serta mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat Anda bekerja.
  12. Jika Anda mengklik logo akun di sebelah kiri, Anda akan menemukan data administrasi dan dapat logout untuk keluar dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan setelah selesai menggunakan.
Baca juga:   Cara Setor Tunai di ATM BRI Anti Gagal dan Bisa Tanpa Kartu

Manfaat Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan

Penggunaan aplikasi PCare BPJS Kesehatan memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Pendaftaran pasien menjadi lebih mudah dan praktis. Data pasien dapat disimpan dalam sistem dengan memasukkan nomor kepesertaan BPJS, sehingga memudahkan akses data saat pasien berpindah lokasi.
  • Diagnosa pasien menjadi lebih cepat. Dengan data rekam medis yang tercatat melalui PCare BPJS
  • Kesehatan, pasien tidak perlu menjalani tes atau pemeriksaan yang berulang.
  • Integrasi data pasien. PCare BPJS Kesehatan memungkinkan puskesmas, klinik, atau rumah sakit untuk mengakses data pasien beserta rekam medisnya, sehingga pasien dapat ditangani dengan cepat dan tepat dalam terapi pengobatannya.

Demikianlah informasi mengenai aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:   Daftar Bisnis Untuk Anak Muda

Artikel Terkait

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.