Tujuan Analisis SWOT Dalam Perusahaan Menurut Para Ahli

Tujuan Analisis SWOT Dalam Perusahaan

Tujuan Analisis SWOT Dalam Perusahaan



Mau pembukuan bisnis Anda jadi lebih baik? Coba training Accurate dengan SAC!



Tujuan Analisis SWOT selalu dibutuhkan dalam bisnis. SWOT merupakan salah satu bentuk penilaian yang penting. Karena bisnis yang dijalankan tanpa proses evaluasi yang berkesinambungan akan terjebak dalam hambatan yang tiada habisnya. Oleh karena itu, diperlukan analisis yang komprehensif.

Sejak awal, SWOT telah menjadi salah satu alat yang paling berguna bagi pemilik bisnis untuk memulai dan mengembangkan perusahaan mereka. Pada artikel ini, kita akan membahas analisis SWOT suatu perusahaan. Berdasarkan pengertian, manfaat, fungsi dan tujuan analisis SWOT:

Apa Itu Analisis SWOT?

Analisis ini awalnya diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey pada tahun 1960-an. Analisis ini disampaikan Albert saat memimpin proyek penelitian di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan Fortune 500.



Szeto Priority dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan cepat dan tepat.



SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Keempat elemen ini tidak hanya dapat membantu Anda memahami bisnis Anda, tetapi juga menentukan tujuan sukses yang Anda impikan.

Manfaat SWOT

Keuntungan SWOT bagi perusahaan adalah merupakan strategi yang menentukan masa depan kelangsungan bisnis. Bagaimana perusahaan menerapkan strategi misi untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan. Hal ini juga digunakan oleh para pemangku kepentingan untuk mengetahui keadaan faktor internal dan eksternal perusahaan.

Related Post

Secara lebih rinci, manfaat analisis SWOT adalah sebagai berikut:

  1. Memecahkan masalah internal perusahaan
    Setiap perusahaan pasti memiliki masalah internal. Hasil analisis semacam itu dapat membantu perusahaan menemukan masalah yang ada dan segera menyelesaikannya, sebelum berlarut-larut.
  2. Memperluas jaringan dan membangun relasi bisnis
    Setiap perusahaan harus membangun hubungan bisnis yang kuat dengan perusahaan lain yang memiliki visi dan misi yang sama. Level ini merupakan level lanjutan yang perlu Anda selesaikan guna memperkuat posisi Anda di lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Untuk itu perlu dilakukan analisis SWOT untuk membantu perusahaan melihat peluang kerjasama dengan pihak lain.
  3. Hindari kerugian
    Laba tidak selalu menjadi tujuan utama yang harus diperhatikan oleh seorang wirausahawan. Selain itu perlu juga memperhitungkan hambatan-hambatan yang dapat mengganggu laju kerja perusahaan. Analisis SWOT membantu pelaku bisnis memeriksa kelemahan dan ancaman untuk merumuskan strategi yang sesuai dengan keadaan perusahaan.
  4. Inovasi dan pengembangan perusahaan
    Setiap tahun akan ada pesaing baru atau inovasi baru yang dilakukan oleh pesaing untuk menaklukkan pasar. Oleh karena itu, perlu dilakukan riset eksternal untuk melihat tren yang ada dan membuat inovasi baru agar tidak ketinggalan zaman.
  5. Analisis keuangan perusahaan
    Keuangan merupakan sektor terpenting yang menentukan keadaan perusahaan. Kondisi keuangan yang stabil mempengaruhi jalannya operasi dan membantu perusahaan mengembangkan strategi.

Memiliki skor SWOT membantu menentukan prioritas mana yang harus diprioritaskan bagi perusahaan. Tanpa informasi dari analisis SWOT, Anda tidak dapat mengetahui potensi pasar, minat, dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan. Selain itu, Anda akan menyadari tingginya tingkat persaingan pasar untuk produk atau bisnis Anda. Jadi, sebelum Anda menjalankan bisnis, Anda perlu menganalisis produk atau bisnis Anda.

Tujuan Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Tujuan SWOT adalah untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu perusahaan. Pengetahuan keempat aspek tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman dan menciptakan peluang masa depan.

Penilaian SWOT bukanlah alat analisis yang mampu memberikan solusi yang tepat atas semua permasalahan yang ada di perusahaan. Namun, analisis SWOT adalah alat analisis yang dirancang untuk menggambarkan situasi yang dihadapi atau mungkin dihadapi organisasi saat ini.

Keberhasilan dalam mencari alternatif-alternatif strategis bagi pengembangan suatu organisasi/perusahaan merupakan keberhasilan kegiatan manajemen, sebaliknya ketidakmampuan menganalisis berarti ketidakmampuan menemukan hubungan dan titik temu antara faktor-faktor strategis dalam lingkungan internal dan di lingkungan eksternal, sambil mencari hubungannya dengan misi, tujuan, tugas organisasi.

Pekerjaan analisis SWOT adalah tugas utama kelompok koalisi tingkat atas dan tidak dapat didelegasikan ke tingkat yang lebih rendah. Namun, bawahan tetap memiliki peran dalam mencari dan mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyempurnakan analisis SWOT. Dengan demikian, analisis SWOT sangat berguna bagi manajer puncak dalam merumuskan keputusan strategis yang tepat dan tepat.

R. D. Jatmiko menyatakan bahwa tujuan penggunaan analisis SWOT adalah untuk agar suatu organisasi/perusahaan dapat memanfaatkan informasi tentang perubahan untuk memperoleh keunggulan kompetitif di masa depan”. (RD. Jatmiko, 2003: 30)

Sementara itu, menurut ahli lainnya Sondang P. Siagian, dalam bukunya tentang manajemen strategis, berpendapat bahwa “Analisis SWOT bertujuan untuk menggambarkan kuantitas dan kualitas berbagai sumber daya atau dapat dikendalikan oleh mereka untuk digunakan dalam konteks penerapan strategi yang telah ditentukan.” (Sondang P. Siagian, 1998: 32)

Recent Posts