Apa Itu VTuber dan Berapa Sih Penghasilannya?

Apa Itu VTuber dan Berapa Sih Penghasilannya?

Apa Itu VTuber dan Berapa Sih Penghasilannya?

Apa Itu VTuber dan Berapa Sih Penghasilannya

Virtual YouTuber atau VTuber adalah YouTuber yang diwakili oleh avatar digital yang dibuat dengan CGI. Virtual Youtuber adalah karakter fiksi 2D dan 3D yang menjalankan saluran YouTube. YouTuber virtual berperan sebagai artis online menggunakan avatar yang dihasilkan komputer (biasanya terinspirasi oleh anime).

Siapa VTuber Pertama di Dunia?

Munculnya fenomena VTuber ini pertama kali diperkenalkan oleh Ami Yamato, vlogger Jepang asal Inggris. Yamato pertama kali mengunggah konten virtual ke YouTube pada 13 Juni 2011.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Ami menggunakan teknologi pencitraan komputer untuk menjadi YouTuber virtual dan berinteraksi dengan penggemarnya melalui ekspresi wajah dan ekspresi wajah. Karena wtubers adalah karakter animasi, tentu saja semua gerakannya dikendalikan oleh pembuatnya. Pembuat VTuber menggunakan teknologi penangkapan gerak dan ekspresi wajah untuk menerapkannya pada karakter animasi mereka.

Pencentus Istilah VTuber

Namun istilah “Virtual YouTuber” sendiri pertama kali digunakan oleh Kizuna AI yang pertama kali membuat konten untuk YouTube pada akhir tahun 2016. Popularitasnya kemudian memicu tren Virtual YouTuber di Jepang dan kemudian di seluruh dunia.

Kehadiran virtual youtuber tersebut dapat dijelaskan dengan unggahan video blogger Inggris Jepang Ami Yamato yang menampilkan avatar virtual animasi berbicara di depan kamera pada 13 Juni 2011.

YouTuber virtual ini menggunakan teknologi pencitraan komputer yang mampu membuat karakter 3D dan 2D seolah-olah hidup dan mampu berinteraksi, seperti ekspresi wajah, ekspresi dan lain-lain.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Karena avatar ini tidak dapat memiliki jiwa atau emosinya sendiri, avatar ini seperti boneka/boneka dan seseorang mengendalikan avatar ini dari belakang. Orang yang mengendalikan avatar ini menggunakan motion capture untuk merekam setiap gerakan dan ekspresi wajah, yang kemudian diterapkan pada model avatar.

Artis pertama yang menciptakan frasa “YouTuber virtual” adalah Kizuna A.I., mulai membuat konten di YouTube pada akhir 2016, dan popularitasnya memulai tren VTuber di Jepang dan kemudian di seluruh dunia. Ada lebih dari 10.000 VTuber pada tahun 2020. Mereka telah digunakan sebagai perwakilan dari pemerintah Jepang, telah ditampilkan dalam kampanye iklan besar, dan telah memecahkan rekor dunia untuk siaran langsung.

VTuber Pertama di Indonesia

Muna Hoshinova adalah VTuber dari Indonesia yang berafiliasi dengan Hololive sebagai bagian dari generasi pertama VTubers Indonesia (ID) bersama Airani Yofiftin dan Ayunda Risu.

Muna Hoshinova menjadi YouTuber wanita virtual pertama dari Indonesia yang memecahkan rekor jumlah subscriber. Dalam dua tahun kiprah VTuber, Muna Khoshinova berhasil memecahkan rekor VTuber pertama dari Indonesia yang meraih 1 juta subscriber di Youtube.

Saat ini, Moona merupakan VTuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia dan Asia Tenggara serta menduduki peringkat 30 dunia.

Gaji Seorang Virtual YouTuber

Untuk gaji seorang Vtuber biasanya didapat dari fitur donasi yang muncul sebagai pesan langsung khusus. Fitur ini sering digunakan oleh streamer game di seluruh dunia.

Banyak anggota Virtual YouTuber dari Hololive berada di 5 besar dunia dengan penghasilan tertinggi. Menurut situs PlayBoard, Kiryu Koko menempati peringkat teratas sebagai peraih super chat dengan total pendapatan Rs 21 miliar.

Kemudian di posisi kedua adalah Uruha Rushia dengan total pendapatan 21 miliar rupiah. Posisi ketiga ada Usada Pekora dengan total pendapatan Rp 16 miliar. Kiryu Koko menerima donasi paling banyak saat ia meluncurkan video 3D debutnya yang dilihat lebih dari 1 juta kali.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Apa Itu VTuber dan Berapa Sih Penghasilannya?