Manfaat Akuntansi Biaya, Bagi Perusahaan dan Menurut Para Ahli

Manfaat Akuntansi Biaya, Bagi Perusahaan dan Menurut Para Ahli

Manfaat Akuntansi Biaya, Bagi Perusahaan dan Menurut Para Ahli

Manfaat Akuntansi Biaya, Bagi Perusahaan dan Menurut Para Ahli

Untuk pembahasan kali ini akan dibahas manfaat akuntansi biaya yang dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, fungsi, tugas dan tujuan akuntansi biaya. Jadi untuk pemahaman dan wawasan yang lebih baik lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Akuntansi Biaya

Manfaat akuntansi biaya adalah menyediakan salah satu informasi yang dibutuhkan manajemen untuk menjalankan perusahaan, yaitu:

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Perencanaan dan pengendalian keuntungan. Akuntansi biaya memberikan informasi atau data biaya masa lalu yang diperlukan untuk menyusun rencana, dan berdasarkan rencana tersebut, biaya kemudian dapat dikendalikan dan akhirnya pengendalian tersebut dapat digunakan sebagai umpan balik untuk perbaikan di masa mendatang.
Penentuan harga pokok barang atau jasa. Penentuan harga pokok dapat membantu dalam

  • Memperkirakan persediaan, baik barang jadi maupun barang dalam proses
  • Menentukan harga jual, khususnya harga jual berdasarkan kontrak, meskipun tidak selalu harga jual berdasarkan biaya. barang,
  • Penentuan keuntungan. Pengambilan keputusan oleh manajemen untuk manfaat masa depan.

Manfaat akuntansi biaya adalah menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen guna membantu mereka dalam mengelola perusahaan atau bagian-bagiannya.

Memahami Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya (cost accounting) adalah salah satu disiplin ilmu akuntansi yang digunakan untuk menganalisis, mengklasifikasikan dan memperhitungkan biaya produksi atau pemasaran produk dan jasa yang diterima oleh perusahaan.

Akuntansi biaya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pihak eksternal, dalam hal ini investor, kreditur dan lain-lain, atau pihak “manajemen” internal dalam suatu perusahaan.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Pelaporan biaya internal biasanya dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan manajemen, sedangkan pelaporan keuangan kepada pihak eksternal menggunakan laporan seperti neraca, laporan laba rugi dan informasi biaya arus kas diperlukan manajemen perusahaan, karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. perusahaan.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Di bawah ini beberapa definisi akuntansi biaya menurut para ahli, terdiri dari:

Institut Akuntan Publik Bersertifikat Amerika (AICPA)

Dinyatakan bahwa akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokan dan pengikhtisaran dengan cara yang berarti dan dinyatakan dalam uang. Semua transaksi dan peristiwa yang setidaknya bersifat finansial ditafsirkan sebagai hasilnya. Seni dimaknai dari segi fisik dan kearifan.

Asosiasi Akuntan Amerika (AAA)

Menyatakan bahwa akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan menyajikan informasi ekonomi dalam suatu perusahaan sehingga penilaian dan keputusan yang mungkin bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Fungsi Cost Accounting

Berikut ini adalah beberapa fungsi akuntansi biaya, yang terdiri dari:

  • Untuk mengukur pengorbanan biaya input, untuk menginformasikan manajemen apakah akan menghasilkan keuntungan atau tidak.
  • Menghasilkan informasi untuk manajemen sebagai dasar untuk merencanakan distribusi sumber daya ekonomi, mengorbankan untuk mendapatkan hasil.

Tugas Cost Accounting

Tujuan akuntansi biaya adalah sebagai berikut:

  • Mampu menyediakan berbagai jenis data biaya yang dibutuhkan untuk mengendalikan atau merencanakan suatu perusahaan.
  • Kemampuan untuk menentukan metode, prosedur pengendalian, perbaikan operasional dan program atau anggaran pengurangan biaya.
  • Mampu mengembangkan sistem biaya dan analisa dalam hal penentuan harga pokok barang dan apabila terjadi penyimpangan dapat menganalisanya.
  • Kemampuan untuk menyediakan data biaya yang akan dibutuhkan untuk pengambilan keputusan.
  • Kesempatan untuk berpartisipasi dalam penganggaran.
  • Mampu membuat laporan keuangan.

Tujuan Akuntansi Biaya

Tujuan akuntansi biaya adalah sebagai berikut:

Untuk pengendalian biaya misalnya dalam hal pengendalian biaya harus dimulai dengan penentuan biaya yang akan dikeluarkan dan produksi unit produk atau jasa.

Untuk menentukan nilai suatu produk atau jasa. Biasanya, akuntansi biaya dalam hal penentuan nilai barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dirancang untuk memenuhi kebutuhan manajemen dan pihak di luar perusahaan.

Dengan demikian, proses perancangan akuntansi biaya berguna untuk menentukan harga pokok barang berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan SAK yang masih berlaku. Berbagai jenis biaya untuk produksi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan akan diperhitungkan, diklasifikasikan dan diringkas dengan menggunakan metode akuntansi biaya. Sehingga nantinya laporan biaya yang akan disajikan berupa biaya historis perusahaan.

Dalam hal pengambilan keputusan, keputusan yang diambil oleh manajemen akan berkaitan dengan masa depan perusahaan yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, informasi akuntansi yang benar atau up-to-date akan mempengaruhi keputusan manajemen yang akan mempengaruhi perusahaan di masa yang akan datang. Karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan, maka laporan akuntansi biaya dimasukkan ke dalam bagian akuntansi manajemen.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Manfaat Akuntansi Biaya, Bagi Perusahaan dan Menurut Para Ahli