Szeto Accurate Consultants

Manfaat Pembukuan bagi Usaha Anda

 Manfaat Pembukuan bagi Usaha Anda

Manfat Pembukuan Bagi Usaha

Apa itu Pembukuan? dan apa manfaat pembukuan bagi usaha kita?

Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut.

Manfaat Pembukuan bagi Usaha

1. Dapat mengetahui besarnya kerugian dan keuntungan pada perusahaan

Dengan mengetahui setiap transaksi yang ada pada setiap harinya serta mengetahui arus distribusi uang dan barang dalam perusahaan, maka kamu dapat mengetahui estimasi untung yang akan didapat atau rugi yang akan diderita. Dari pencatatan setiap transaksi yang ada, maka akan terdapat angka-angka yang bisa menunjukkan bagaimana perkembangan keuangan bisnis.

2. Mengetahui setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan

Kamu dapat melihat riwayat transaksi yang kamu lakukan secara lengkap, jika kamu menuliskan semua kegiatan ekonomi yang kamu lakukan. Tidak hanya dapat men-tracking distribusi uang namun juga mengetahui distribusi barang. Berapa banyak jumlah barang yang telah dikeluarkan pada hari itu dan berapa banyak pula barang yang telah dimasukkan ke dalam perusahaan. Semua ini bisa dengan mudah diketahui hanya dengan melihat dan mengecek buku keuangan kamu.

Baca juga:   Penomoran Accurate Online

3. Sebagai bahan penilaian bisnis

Pembukuan bisnis merupakan sebuah rekaman tentang berbagai aktivitas yang berada dalam internal perusahaan. Dari rekaman inilah akan didapatkan gambaran tentang bagaimana kondisi dari bisnis yang telah selama ini dijalankan. Apakah akan membawa dampak yang lebih baik seperti diperolehnya laba atau justru hanya akan mendapatkan kerugian.

Jika memang telah didapatkan laba maka akan dicari tahu dan menyusun strategi dalam mempertahankan keberlangsungan dari bisnis agar tetap bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Apakah akan tetap memakai cara dan strategi yang lama dengan beberapa kali penyesuaian atau memutuskan untuk memakai cara dengan strategi baru menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Metode pembukuan dalam dunia akuntansi dibagi menjadi dua jenis, yaitu pembukuan tunggal (single entry) dan pembukuan ganda (double entry). Kedua jenis pembukuan ini digunakan untuk mencatat transaksi keuangan di perusahaan.

Baca juga:   Tips Mengatur Anggaran Selama Bulan Puasa

Pembukuan tunggal merupakan metode pembukuan yang pencatatan transaksi keuangannya hanya dilakukan sekali, yaitu berupa daftar transaksi yang mempengaruhi kas. Metode ini biasanya digunakan oleh bisnis UMKM yang neraca keuangannya tidak digunakan untuk control keuangan dan perpajakan.

Sedangkan pembukuan ganda merupakan metode pembukuan yang dilakukan dua kali, yaitu pada sisi debet dan kredit. Langkah ini digunakan untuk semua bisnis yang memerlukan akun neraca dan laba rugi.

Metode Pembukuan Tunggal (Single Entry) dan Pembukuan Ganda (Double Entry)

Metode single entry merupakan system neraca yang sangat sederhana sehingga hanya cocok bagi pengusaha yang tidak memiliki persediaan barang yang banyak dan tidak memberikan hutang pembayaran barang. Sehingga untuk bisnis besar yang banyak memiliki banyak transaksi kompleks tidak cocok digunakan. Selanjutnya, Metode double entry sering dianggap sulit bagi orang yang belum paham mengenai akuntansi karena semua nama transaksi dan nominal perlu dituliskan secara jelas dan perlu menyeimbangkan antara debit dan kredit. Namun jika sudah mengerti mengenai laporan keuangan, hal ini akan mempermudah prediksi keuangan perusahaan kedepannya dan rencana usaha dimasa depan. Selain itu dengan memahami metode double entry, orang dapat memahami kejadian sesungguhnya dari alur keuangan yang ada sesuai dengan bukti transaksi dan mampu memperbaiki jika terdapat kesalahan pada proses pencatatan oleh akuntan.

Baca juga:   Semua akan Online pada Waktunya

Manfaat Pembukuan Bagi Usaha

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sebastian)

Bandung 0822 1999 7228 (Bella)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Hak Akses Accurate Online
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Produksi Sederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online

 

Pembelian Software ACCURATE dan training ACCURATE bisa langsung pesan di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.
  • Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)
  • Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)
  • Bandung 0822 1999 7228 (Bara)
  • Semarang 0821 3000 7228 (Samara)
Facebook SAC | Instagram SACYoutube SAC
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Hubungi kami sekarang lewat WhatsApp.