Mesin Kasir (Cash Register) dan Cek Harga Terbarunya

Mesin Kasir (Cash Register) dan Cek Harga Terbarunya

Mesin Kasir (Cash Register) dan Cek Harga Terbarunya

Mesin Kasir (Cash Register) dan Cek Harga Terbarunya

Bagi pengusaha ritel dan food beverage yang memiliki toko fisik, mesin kasir merupakan suatu keharusan sebab cash register sangat penting untuk mempermudah berbisnis. Mulai dari mempercepat transaksi jual beli, membantu perhitungan yang akurat dalam setiap transaksi, memudahkan pembukuan dan akuntansi penjualan, hingga membangun kepercayaan pelanggan.

Mesin kasir adalah

Mesin kasir (mesin kasir dalam bahasa Inggris: Cash Register) adalah alat mekanis atau elektronik untuk menghitung dan mengumpulkan data penjualan, dilengkapi dengan laci kas untuk menyimpan uang.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Jenis Mesin Kasir

Saat ini ada beberapa jenis mesin kasir yang biasa kita jumpai di tempat-tempat usaha seperti restoran, minimarket dan kafe. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mesin Kasir Elektronik (ECR)

Apa itu Electronic Cash Register (ECR)?
Jenis mesin kasir stand-alone ini adalah salah satu yang paling umum di restoran atau toko kecil, dengan laci kas yang hanya dibuka setelah transaksi penjualan diterima oleh kasir.

Dalam mode ECR klasik, kasir masih harus memasukkan jumlah penjualan secara manual menggunakan keyboard.

Namun, sekarang ECR klasik telah dipersingkat dan diganti dengan ECR modern, di mana kasir hanya perlu memindai kode batang produk dan total penjualan akan diperbarui secara otomatis.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Sementara fiturnya tetap standar, ECR, baik klasik maupun modern, dapat mencetak struk. Printer ECR tidak hanya dikeluarkan untuk pembeli, tetapi juga secara otomatis mencetak salinan kwitansi untuk penjual sebagai bukti pembukuan.

MPOS dan Cloud POS

Apa itu MPOS (Mesin Kasir Android) dan Cloud POS?
MPOS, atau titik penjualan seluler, adalah sistem POS yang menggunakan tablet atau perangkat seluler lainnya. Ini dapat bekerja dengan iOS, Android dan Windows.

Tidak hanya memiliki jangkauan perangkat yang lebih luas, ukurannya yang kecil juga memudahkan mPOS untuk beradaptasi dengan tata letak toko.

Dengan menggunakan teknologi cloud, jenis pembayaran online ini dapat memberikan data bisnis yang lebih lengkap dan membantu pengusaha memiliki akses langsung ke data penjualan meskipun tidak ada di toko.

Keberadaan MPOS memudahkan pengusaha mengakses teknologi yang lebih modern namun mudah digunakan.

Point of Sales (POS)

Apa itu Point of Sales (POS)?
Dapat dikatakan bahwa POS adalah cash register dengan versi yang lebih kompleks dari ERC. Keduanya termasuk mesin cashier yang berdiri sendiri, tetapi juga sistem POS terkomputerisasi menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang memungkinkan pengusaha untuk menyimpan catatan penjualan, informasi pelanggan, daftar inventaris, dan data bisnis lainnya.

Selain catatan yang lebih rinci dan akurat, mesin cashier POS juga membaca perilaku pembelian pembeli, yang kemudian dapat digunakan jika pengusaha ingin menawarkan penawaran khusus yang relevan.

Harga Mesin Kasir

Setiap jenis mesin cashier tersebut memiliki harga yang berbeda, sesuai dengan kegunaan dan juga fitur yang ditawarkan. Berikut ini daftar harga mesin cashier selengkapnya.

Jenis Mesin KasirPerangkatHarga
Mesin Cashier ManualCash Register ManualRp2.000.000 – Rp3.000.000
Cash register
Mesin Cashier ElektronikCash Register ElektronikRp2.500.000 – Rp5.000.000
Cash drawer
Komputer KasirPCRp3.000.000 – Rp10.000.000
Cash drawer
Bluetooth printer
Barcode scanner
Mesin Cashier AndroidAndroid tabletRp2.500.000 – Rp3.500.000
Cash drawer
Bluetooth printer
Self-kiosk Ordering SystemSelf Kiosk POS deviceRp15.000.000

Jadi bisa dihitung bahwa Anda perlu Rp5.000.000 untuk satu set cash register reguler yang biasa digunakan. Anda bisa membeli mesin kasir di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

Penting untuk mempertimbangkan memilih jenis mesin cashier yang tepat untuk digunakan dalam bisnis perdagangan Anda. Alasannya adalah Anda dapat menghemat pembelian satu set mesin cashier. Dengan demikian, Anda bisa memilih mesin cashier multifungsi namun murah. Semoga artikel mengenai mesin cashier ini bisa bermanfaat bagi bisnis Anda!



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Mesin Kasir (Cash Register) dan Cek Harga Terbarunya