X

Warehouse adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenis Gudang

Warehouse adalah


Warehouse merupakan bagian vital dari rantai pasok barang yang harus dimiliki oleh hampir setiap perusahaan. Berbagai tahapan proses barang melewati warehouse.

Beberapa di antaranya adalah pengumpulan bahan, barang, distribusi dan pengolahan bahan baku dan barang untuk mengubahnya menjadi barang.

Sebagai bagian penting dari rantai pasokan, warehouse terus menghadapi tantangan seperti meningkatnya permintaan pasar dan kebutuhan untuk mengurangi waktu antara pesanan pelanggan dan pengiriman barang akhir. Lalu apa itu warehouse dan apa saja jenis serta fungsi gudang?

Warehouse Itu Apa Sih?

Warehouse adalah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai barang (gudang). Setiap jenis bangunan memungkinkan untuk memiliki ruangan khusus untuk gudang, misalnya gudang pada bangunan pabrik, pertokoan, bahkan bangunan tempat tinggal.

Apa Fungsi dari Warehouse?

Dengan berkembangnya industri dalam negeri, gudang memegang peranan penting dalam menjamin kelancaran suatu usaha. Fungsi Warehouse adalah untuk menyimpan barang, baik dalam bentuk bahan mentah, dalam barang, maupun siap didistribusikan.

Berkat fungsi tersebut, perusahaan akan selalu mendapat informasi terbaru mengenai barang yang akan dipasok ke konsumen. Pengelola warehouse juga akan memiliki akses mudah ke informasi ini untuk pengembangan barang yang berkelanjutan.

Dalam konteks rantai pasokan, gudang berguna untuk hal-hal berikut:

  • Tempat penyimpanan untuk inventaris
  • Pusat penyortiran barang
  • Pusat konsolidasi barang
  • Pusat perakitan barang
  • Tempat pengiriman barang
  • Tempat pengembalian barang

Pentingnya gudang sebagai komponen integral dari rantai pasokan membuat konteks strategi bisnis penting untuk memperhitungkan ketersediaan dan peluang di gudang. Pasalnya, hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan sebuah barang perusahaan.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan fungsi gudang. Selanjutnya mari mengenal jenis-jenis warehouse yang ada di Indonesia.

Jenis-jenis Warehouse

Ada berbagai jenis gudang di dalam negeri, semuanya tergantung pada perannya dalam rantai pasokan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Di bawah ini adalah daftar lengkap jenis dan jenis gudang tergantung pada barang yang disimpan.

Warehouse Pusat Sortir

Gudang pusat penyortiran akan lebih banyak digunakan oleh penyedia jasa pengiriman untuk mendistribusikan barang berdasarkan lokasi/kode pos pengiriman barang.

Warehouse Cross-Docking

Gudang ini diperuntukan sebagai tempat reload cargo dari satu truk ke truk lainnya, sehingga luas gudang yang perlu disediakan harus lebih luas dari gudang jenis lain. Menyewa gudang ini akan lebih murah jika jangka waktu yang dibutuhkan lebih cepat.

Warehouse Pusat Transit

Praktis mirip dengan gudang transit/cross-docking. Namun, fungsi gudang ini adalah untuk mengolah barang sebelum dikirim langsung ke target pasar.

Gudang Untuk Penyimpanan Bahan Baku

Gudang ini lebih umum di kawasan industri. Sesuai dengan namanya, gudang penyimpanan bahan baku berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan baku seperti karet, bijih besi dan lain-lain. Biaya sewa gudang bahan baku relatif lebih murah, karena tidak membutuhkan tempat yang terlalu banyak.

Gudang Untuk Produk Setengah Jadi

Arti lainnya dari gudang setengah jadi adalah gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang logistik yang disewakan untuk keperluan pelabelan, pengemasan ulang dan pengecekan kuantitas barang.

Biaya sewa gudang untuk produk setengah jadi relatif lebih mahal dibandingkan yang lain karena dibutuhkan tenaga kerja untuk melabeli semua barang yang masuk.

Gudang Untuk Menyimpan Bahan Produksi

Gudang Produksi Penyimpanan adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan lebih banyak barang. Gudang ini diperlukan untuk menyiapkan stok jika permintaan barang lebih tinggi dari konsumen. Biasanya sistem pembayaran sewa gedung ini adalah bulanan dan mingguan.

Kenapa Harus Ada Penyimpanan Barang?

Pernahkah terlintas dibenak Anda kenapa harus ada warehouse untuk penyimpanan barang? Jika Anda mempertanyakannya hal tersebut maka jawabannya ialah untuk memudahkan melakukan pencarian barang Anda dan lebih mudah mengaatur semua jenis barang yang tersedia di gudang.