Scan Barcode Produk di HP & Cek Nomor Barcode di BPOM

Scan Barcode Produk

Scan Barcode Produk



Mau pembukuan bisnis Anda jadi lebih baik? Coba training Accurate dengan SAC!



Scan Barcode Produk – Cek nomor barcode produk adalah salah satu hal yang paling bijaksana yang harus Anda lakukan, setidaknya sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk seperti kosmetik.

Caranya ialah Anda bisa mengecek apakah produk kosmetik atau perawatan kulit yang ingin Anda beli sudah mendapat persetujuan edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).



Szeto Priority dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan cepat dan tepat.



Apa itu BPOM?

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM adalah lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab untuk mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia.

Dengan nomor registrasi BPOM, setidaknya kita bisa yakin bahwa produk tersebut aman dan layak untuk digunakan. Sedangkan untuk memverifikasi keasliannya, Anda bisa mengikuti cara cek produk ori dengan barcode pada produk kosmetik Anda menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi melalui website BPOM.

Related Post

Cek Keaslian Produk di Website BPOM

Anda dapat mengunjungi website resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/. Pada bilah alat pencarian, Anda dapat memeriksa dengan mencari berdasarkan nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi, nama pendaftar atau NPWP dari produk kosmetik terdaftar yang ingin Anda beli.

Cara termudah untuk menguji produk di BPOM adalah dengan menuliskan merek produk kosmetik yang ingin Anda beli.

Di bilah alat pencarian, Anda dapat memasukkan “Merek” dan menulis “Merek kosmetik yang ingin Anda beli.” Memperkirakan; Anda ingin menguji BPOM Wardah untuk melihat apakah suatu produk aman, bagaimana Anda dapat mengujinya dengan mencari “Merek” dan kemudian memasukkan nama merek “Wardah”.

Nanti Anda akan melihat daftar produk Wardah yang terdaftar di BPOM. Di antara produk Wardah, periksa kembali apakah produk (seperti foundation) yang ingin Anda beli sudah terdaftar.

Jika Anda ingin bertanya tentang produk kosmetik ilegal berbahaya yang mengandung bahan berbahaya seperti timbal, K3 merah dan lainnya, Anda dapat memeriksa situs web Cekbpom.pom.go.id/warning, lalu masukkan merek kosmetik yang ingin Anda periksa.

Cara Scan Barcode BPOM Online

Selain dapat mengetahui apakah suatu produk telah dinyatakan aman dan layak edar melalui website BPOM, Anda juga dapat mengetahuinya dengan memindai barcode produk melalui mobile app BPOM. Berikut cara scan barcode di aplikasi BPOM Mobile:

  1. Instal aplikasi BPOM Mobile
  2. Aplikasi BPOM Mobile tersedia di Google Play Store dan App Store.
  3. Pemindaian Barcode BPOM
  4. Pilih menu Pemindaian Produk.
  5. BPOM Mobile memiliki empat menu yaitu Product View, Complaint, Cek Izin Distribusi, dan News. Untuk memindai barcode atau kode QR kosmetik di aplikasi BPOM Mobile, pilih menu pemindaian produk.
  6. Arahkan kamera ke barcode kosmetik
  7. Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang baik untuk melihat barcode dengan jelas dan Anda dapat memeriksa kosmetik Anda dengan aplikasi seluler BPOM ini.
  8. Klik tombol kamera untuk mengambil foto kode batang atau kode QR.
  9. Foto barcode produk kosmetik atau skincare Anda. BPOM nantinya akan memberikan informasi mengenai produk yang Anda beli.
  10. Jika barcode yang Anda scan tidak menampilkan informasi apapun, berarti produk kosmetik yang Anda beli tidak terdaftar di BPOM atau terjadi kesalahan saat memindai barcode.

Demikian informasi mengenai Cara Scan Barcode Produk di HP & Cek Nomor Barcode di BPOM semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli produk kosmetik dan kecantikan.

Recent Posts