Szeto Accurate Consultants

Cara Membuat Slip Gaji dan Contohnya

Bagaimana cara membuat slip gaji dengan word dan excel? Kami akan membahasnya di sini. Salah satu bukti yang terkait dengan upah bulanan adalah penggajian.

Karyawan perlu mengetahui tidak hanya gaji yang mereka terima setiap bulan, tetapi juga slip gaji mereka. Karena dokumen tersebut dapat menunjukkan komponen gaji yang diterima oleh karyawan. Lalu bagaimana cara menyusun payroll?

Sebelum kita dapat membahas cara menyiapkan penggajian, Anda perlu mengetahui lebih detail tunjangan apa yang perlu diketahui karyawan. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas hal-hal tersebut secara bergantian. Simak penjelasan lengkapnya!

Slip Gaji Adalah?

Slip gaji adalah informasi resmi dari penggajian yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Ini berisi informasi rinci tentang komponen gaji yang diterima karyawan setiap bulan.

Dokumen ini berfungsi sebagai catatan perusahaan tentang upah yang mereka bayarkan kepada karyawannya.

Sertifikat gaji biasanya berisi berbagai informasi terkait data gaji. Misalnya berapa potongan pajak pegawai, potongan iuran BPJS, gaji pokok, tunjangan makan dan perjalanan, dan tunjangan lainnya.

Bagi karyawan itu sendiri, dokumen ini bukan hanya dokumen resmi tentang gaji mereka. Mereka dapat menggunakan dokumen untuk berbagai keperluan yang memerlukan aplikasi yang berkaitan dengan pendapatan mereka, seperti mengajukan hipotek, mengajukan pinjaman atau ketika mereka ingin mengajukan permohonan visa.

Dengan kemajuan teknologi, penerimaan gaji tidak lagi dalam bentuk kertas. Biasanya HR mengirimkannya secara online setiap bulan ke email setiap karyawan.

Bagaimana cara membuat atau menyusun daftar gaji dengan word dan excel? Baca di sini karena kami akan membahasnya secara lengkap. Contoh penggajian karyawan ditunjukkan di atas.

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

Manfaat Slip Gaji
Manfaat Slip Gaji

Sekarang mari kita bahas tentang manfaat slip gaji yang bisa digunakan oleh karyawan. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

Informasi Gaji Karyawan

Salah satu fungsi utama dokumen ini adalah untuk memberikan informasi mengenai komponen gaji yang diterima karyawan setiap bulannya. Tentu saja, komponen upah berbeda di setiap perusahaan.

Baca juga:   Stok Opname di Accurate Online

Di dalamnya terdapat beberapa komponen, antara lain gaji pokok, pemotongan seperti pajak dan BPJS, tunjangan, dan gaji bersih yang diterima karyawan. Selain gaji pokok, jika karyawan menerima bonus atau THR bulan ini, komponen tersebut akan dimasukkan dalam dokumen.

Potongan yang dikenakan kepada karyawan juga harus disertakan, misalnya karena terlambat datang atau potongan rutin seperti pajak PPh 21.

Bisa Untuk Pengajuan Kredit Rumah

Karyawan mana yang tidak ingin memiliki rumah? Pastinya impian setiap orang adalah segera memiliki rumah sendiri.

Namun, pembelian tunai tidak untuk semua orang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Kredit atau KPR. Untuk mendapatkan rumah idaman, karyawan dapat mengajukan pinjaman KPR dari beberapa bank. Namun, pada umumnya bank meminta karyawan untuk mengisi berbagai persyaratan agar pengajuan KPR mereka disetujui.

Salah satunya adalah dengan melampirkan daftar gaji karyawan. Dokumen tersebut diwajibkan oleh bank sebagai jaminan dan menentukan besarnya bunga yang akan dikenakan dari pihak yang menyerahkannya.

Bisa Untuk Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Manfaat lain yang bisa didapatkan karyawan dengan payroll adalah penerapan KTA atau pinjaman tanpa agunan. Aplikasi pinjaman ini dapat digunakan oleh karyawan untuk berbagai keperluan, seperti biaya pernikahan, pendidikan, kesehatan dan kebutuhan lainnya.

Untuk memastikan peminjam mampu melunasi utangnya, bank akan sangat berhati-hati dalam menyetujui permohonan pinjaman. Jangan sampai setelah menerima pinjaman lalu kemudian tidak bisa melunasi utangnya sampai lewat jatuh tempo.

Untuk itu salah satu syarat bank saat mengajukan KTA adalah surat pernyataan gaji. Bank perlu memastikan bahwa orang tersebut secara finansial dapat melunasi hutang setiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo.

Bisa untuk Pembuatan Visa

Bagi karyawan yang ingin berlibur ke luar negeri pasti perlu mengajukan visa sebagai salah satu syarat masuk ke negara tersebut. Salah satu syarat yang dibutuhkan oleh beberapa negara, terutama di Eropa, adalah penggajian karyawan.

Mengapa saya memerlukan dokumen ini untuk mengajukan visa? Hal ini untuk mencegah seseorang dari mampu membayar untuk hidup mereka selama di sana. Dengan demikian, negara ingin memastikan bahwa seseorang dapat memenuhi kebutuhan finansial saat berkunjung ke negara tersebut.

Bisa Untuk Pengajuan Kredit Kendaraan Bermotor

Sebagian besar karyawan yang memiliki mobil membelinya dengan cara mencicil. Meskipun jumlah akhir akan lebih mahal, namun skema cicilan lebih nyaman bagi karyawan dan dapat disesuaikan dengan kemampuan mereka.

Baca juga:   Tips Warung Kelontong Tetap Eksis

Seperti halnya pengajuan KTA atau KPR, bagi karyawan yang ingin membeli mobil atau gadget dengan cara mencicil, biasanya pihak pemberi pinjaman meminta gaji. Alasannya sama untuk memastikan bahwa karyawan benar-benar bekerja untuk perusahaan dan gaji mereka dapat dibayarkan setiap bulan.

Cara Membuat Slip Gaji Dengan Microsoft Excel dan Microsoft Word

Ada beberapa cara untuk menyusun penggajian karyawan secara manual.

Biasanya, dokumen ini dikeluarkan oleh departemen sumber daya manusia perusahaan dengan persetujuan tim keuangan, yang memastikan bahwa angka-angka yang dikutip konsisten dengan catatan mereka. Ada dua cara untuk membuat penggajian secara manual. Yang pertama dengan Microsoft Word dan yang kedua dengan Microsoft Excel.

Sebelum melakukan ini, pastikan Anda tahu elemen apa yang dikandungnya. Beberapa elemen tersebut antara lain:

  • Informasi tentang perusahaan
  • Data karyawan
  • Detail gaji
  • Pengurangan upah
  • Tanggal penerbitan lembar perhitungan

Format penggajian berisi beberapa komponen informasi yang terdaftar. Tidak hanya informasi gaji, tetapi informasi pendukung lainnya seperti berikut ini.

  1. Nama dan logo perusahaan
    Nama dan logo perusahaan tidak diragukan lagi merupakan bagian penting dari penggajian. Data ini juga bisa berupa pengenal lain, seperti alamat email resmi, nomor resmi, logo, atau alamat lengkap perusahaan. Informasi ini nantinya akan menjadi bukti apakah payroll tersebut resmi dan asli dari perusahaan.
  2. Periode pembayaran
    Periode pembayaran mencakup informasi tentang tanggal pembayaran sesuai dengan aturan perusahaan. Informasi ini memudahkan karyawan untuk membaca daftar gaji saat mereka menerimanya. Komponen ini juga mengurangi kemungkinan tertukar dengan periode sebelumnya.
  3. Informasi pribadi karyawan
    Rincian karyawan yang tercantum biasanya adalah nomor identifikasi karyawan (NIK), nama lengkap, gelar dan departemen terkait. Ini harus dimasukkan karena penggajian secara inheren bersifat rahasia.
  4. Gaji nominal
    Komponen selanjutnya adalah bagian utama yaitu nominal gaji atau gaji yang diberikan oleh perusahaan. Ini bukan hanya tentang akumulasi, tetapi juga tentang rincian upah seperti tunjangan, upah pokok, tunjangan, lembur dan bagian lainnya. Setiap posisi biasanya memiliki manfaat yang berbeda seperti tunjangan dan bonus. Selain itu, juga termasuk retensi pegawai bulanan seperti BPJS atau utang pegawai.
  5. Informasi pajak
    Informasi pajak juga termasuk dalam komponen penggajian yang berkaitan dengan upah nominal karyawan. Sebagai kewajiban pembayaran, Anda harus menentukan pecahannya agar karyawan mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar.
Baca juga:   Transaksi Favorit Accurate Online

Cara Membuat Slip Gaji Dengan Microsoft Word

Berikut adalah contoh slip gaji karyawan menggunakan Ms Word.

Slip Gaji Microsoft Word
Slip Gaji Microsoft Word

Silakan Anda dapat mengunduh contoh slip gaji dalam format word berikut ini.

https://www.szetoaccurate.com/wp-content/uploads/Contoh-Slip-Gaji.docx

Jika Anda menggunakan Word, ada tiga langkah utama yang harus diikuti, yaitu pertama membuat database Excel, mendesain slip gaji di Word, dan kemudian menggabungkannya menggunakan alat gabungan huruf. Alat ini akan membantu membuat penggajian lebih sulit.

Di Excel, Anda dapat mengumpulkan informasi mendetail tentang komponen penggajian. Termasuk data perusahaan, karyawan dan nominal upah yang diterima. Sedangkan Word lebih kepada desain form secara umum.

Contoh penggajian dan cara pembuatannya sebenarnya tidak sulit jika Anda memahami semua komponen pendukung dan memastikan keakuratan datanya. Apalagi dengan format standar yang ditampilkan.

Cara Membuat Slip Gaji di Microsoft Excel

Berikut adalah contoh penggajian karyawan menggunakan Ms Excel.

Slip Gaji Microsoft Excel
Slip Gaji Microsoft Excel

Silakan Anda dapat mengunduh contoh slip gaji dalam format excel berikut ini.

https://www.szetoaccurate.com/wp-content/uploads/Contoh-Slip-Gaji.xls

Selain aplikasi Ms Word, ada beberapa cara untuk menyusun slip gaji. Microsoft Excel adalah salah satunya, namun sebelumnya Anda harus benar-benar memahami komponen apa saja yang harus dimuat ke dalamnya.

Akan lebih baik jika Anda membuat format penggajian yang sudah jadi yang bisa diubah di bagian-bagian tertentu. Berikut cara melakukannya.

  • Buka Microsoft Excel
  • Gunakan tabel sesuai dengan format dan komponen yang ditunjukkan di atas.
  • Isi data tabel
  • Gunakan rumus penggajian dan rumus pajak penghasilan (PPh).

Setiap detail komponen harus diperhatikan agar tidak terlewatkan. Kesalahan komponen bisa berakibat fatal karena informasi yang hilang. Sebaiknya gunakan format yang tidak terlalu rumit agar saat memasukkan data lebih detail.

Pembelian Software ACCURATE dan training ACCURATE bisa langsung pesan di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.
  • Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)
  • Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)
  • Bandung 0822 1999 7228 (Bara)
  • Semarang 0821 3000 7228 (Samara)
Facebook SAC | Instagram SACYoutube SAC
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Hubungi kami sekarang lewat WhatsApp.